Pemkab Padangpariaman Adakan Rakor Dukungan Kelancaran Penyelenggaraan Pilkada

PARITMALINTANG, KP – Pjs Bupati Padangpariaman Adib Alfikri, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dukungan kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Padangpariaman tahun 2020, Kamis (3/12) di Hall Kantor Bupati Padangpariaman.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati memberikan apresiasi atas terselenggaranya rakor tersebut sebagai upaya meningkatkan koordinasi dukungan kelancaran penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Padangpariaman. “Adapun peran pemerintah dalam Pilkada, di antaranya sebagai komunikator dalam segala arah. Yakni dengan memberdayakan infrastruktur politik dan orkesmas agar tidak terjadi penyimpangan dengan ideologi negara yaitu pancasila sebagai dasar negara. Kemudian peran sebagai komunikator harus dapat menjalin komunikasi terarah dengan seluruh lapisan masyarakat yang memiliki kepeduliaan tinggi atas kelangsungan pembangunan berwawasan kebangsaan,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati yang juga narasumber juga menjelaskan peranan lain dari pemerintahan, yakni sebagai fasilitator dan mediator. Di mana peran mediator yakni menciptakan kerukunan dan kehidupan kemasayarakatan berdasarkan atas perbedaan ikatan primadiolisme dan menghargai pluralisme dalam wadah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45. Juga memelihara kewaspadaan atas setiap gejala yang mengarah kepada tindakan pemecahbelahan komponen bangsa baik bersumber dari dalam maupun dari luar.

“Upaya yang telah dilakukan Pemkab Padangpariaman meningkatkan stabilitas politik di daerah yakni mengajak peran serta dari segenap komponen atau komunitas masyarakat terutama organisasi partai politik, ormas dan aparatur pemerintah daerah menciptakan stabilitas politik yang kondusif. Serta memberikan kontribusi terhadap lapisan masyarakat melalui berbagai pertemuan dan kegiatan dalam mengatasi gejolak yang menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat,” tutupnya.

Senada, Kepala Kesbangpol dalam laporannya mengatakan, Rakor tersebut diadakan untuk persiapan Pilkada tahun 2020 di Padangpariaman. Di mana merupakan perwujudan untuk melaksanakan kewajiban Pemerintah Daerah untuk mensukseskan Pilkada. “Tujuan kegiatan ini untuk persamaan persepsi dan penyatuan sinegritas untuk mensukseskan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Padangpariaman. Kegiatan ini diikuti instansi vertikal hingga tingkat Wali Nagari,” tutupnya. (war)

Next Post

DPRD Bersama Pemko Sepakati Propemperda Bukittinggi 2021

Kam Des 3 , 2020
BUKITTINGGI, KP – DPRD bersama Pemerintah Kota Bukittinggi menyepakati Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Bukittinggi 2021. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan oleh unsur pimpinan DPRD dan Pjs Walikota dalam Rapat Paripurna DPRD, Senin (30/11). Ketua DPRD Bukittinggi, Herman Sofyan mengatakan, penyusunan Propemperda Bukittinggi 2021 antara DPRD dengan pemerintah daerah, […]