Pengadilan Negeri Pasbar Raih Predikat WBK dari Kementerian PAN-RB

SIMPANGEMPAT, KP – Pengadilan Negeri Pasaman Barat (Pasbar) yang berada di bawah satuan kerja wilayah hukum Pengadilan Tinggi Padang mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tahun 2020.

Humas Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Warman Priatno mengatakan, keberhasilan itu merupakan suatu prestasi yang luar biasa, pasalnya hal itu sangat diidamkan banyak satuan kerja. Namun masih banyak yang belum mendapatkan kesempatan tersebut.

“Pengadilan Negeri Pasaman Barat merupakan salah satu yang beruntung dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntasnya sehingga pencapaian ini bukanlah perjuangan sekedar pemberian, apalagi bukan karena permintaan, bukan seberapa banyak keterbatasan kami. Melainkan seberapa besar kesungguhan kami mengukir prestasi ini,” katanya kepada KORAN PADANG di Simpang Empat, Senin (21/12).

Dikatakannya, Pengadilan Negeri Pasbar pertama kalinya mencanangkan program Zona Integritas (ZI) pada 2 November 2017, yang pada saat itu dihadiri seluruh Ketua Pengadilan Negeri Se-Sumatra Barat di bawah pimpinan Ketua Pengadilan Tinggi Padang. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan pencanangan Zona Integritas (ZI) dengan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat yang dihadiri semua unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pasbar.

Dukungan tersebut kata dia, terlihat dari pembangunan sarana dan prasarana Kantor Pengadilan Negeri Pasbar dengan adanya dana hibah. “Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Negeri Pasbar dimulai dari meningkatkan performa pelayanan front office melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Kesungguhan itu diakui dengan diperolehnya Juara Harapan I Lomba (PTSP) di lingkungan Peradilan Umum, khususnya Pengadilan Tingkat Pertama Kelas II se-Indonesia,” ujarnya.

Kemudian tidak hanya itu, berbagai sarana dan prasaranapun mengalami progress reform. Yaitu dengan adanya ruang pengunjung sidang outdoor, ruang tamu terbuka, papan statistik secara elektronik, ruang tahanan representatif, akses pintu elektonik, pintu ruang sidang elegan, pengawasan dengan CCTV berjumlah 16 titik, perlengkapan sidang eletronik. Adanya ruang advokat, ruang laktasi, ruang POSBAKUM, ruang tunggu anak, ruang klinik, ruang jaksa, ruang command center. Aplikasi SIPP, aplikasi Digital Virtual Asisten (DIVA) dan sidang keliling yang menjadi salah satu program unggulan dinamakan “KSATRIO SIRANCAK” atau Kerja Sama Pelayanan Terpadu Secara Elektronik (Aplikasi, Eraterang, E-Court, DIVA dan SIAK).

“Ada ungkapan bahwa ‘berilah sebanyak-banyaknya bukan meminta sepuas-puasnya’, di sinilah kami terus berikhtiar dengan berbagai program yang ada, di tengah kesibukan “main core” pengadilan. Selalu ada tekad untuk adanya perubahan yang baik dan benar demi terwujudnya Pembangunan Zona Integritas yang diidam-idamkan itu,” paparnya.

lanjutnya, Area I mengenai Manajemen Perubahan itu dibuktikan dengan adanya komitmen Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Negeri Pasaman. Di antaranya mengadakan rapat, pengarahan apel dan penandatanganan komitmen bersama. Tidak hanya itu, perubahan pola pikir dan budaya kerjapun dibangun dengan cara pimpinan itu sebagai role model, menetapkan agen perubahan, pemakaian tanda pengenal, pakaian seragam dan disiplin jam kerja. Selanjutnya untuk adanya penurunan resiko kegagalan yang disebabkan timbulnya resistensi terhadap perubahan dengan cara adanya pemberian reward dan punishment. Serta pengarahan kepada seluruh Hakim dan Aparatur Sipil Negara maupun PPNPN terhadap pentingnya Zona Integritas.

kemudian Area II mengenai Penataan Tata Laksana dibuktikan dengan terintegrasinya penggunaan teknologi informasi demi tercapainya keefisienan dan keefektivitasan dalam proses manajemen peningkatan kinerja. Yaitu dengan adanya aplikasi SIKEP, SIPP, Aplikasi Panggilan Sidang secara Elektronik terintegrasi ke server SIPP, Aplikasi PTSP+, penyampaian informasi melalui website yang ramah difabel. Aplikasi Monitoring Implementasi SIPP (MIS), Aplikasi Digital Virtual Asisten (DIVA), Aplikasi SIWAS, E-Tilang, evaluasi SOP yang ke semuanya itu dilakukan dengan pengawasan melalui Hakim Pengawas masing-masing bidang.

Selanjutnya keterbukaan informasi publik dapat diakses melalui layar tablet besar yang tersedia di pintu lobi kantor. Dengan website (pn-pasamanbarat.go.id), youtube (pengadilan pasamanbarat), facebook (P N Pasaman Barat), instagram (pn_pasamanbarat), dan salah satu invovasi unggulan itu Digital Virtual Asisten (DIVA) dapat diakses dengan nomor whatsapp 085281666652.
Berikutnya Area III mengenai Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia dibuktikan dengan adanya perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan organisasi. Permasalahan kurang pegawai itu suatu hal klasik, namun dengan adanya kerjasama antara bagian satu dengan lainnya menghasilkan sesuatu yang baik. Meskipun pihaknya selalu berharap adanya penambahan SDM yang setidaknya penambahan staff di masing bagian. Tidak kalah penting itu pengembangan pegawai berbasis kompetensi meliputi diklat online (PKA), pelaksanaan BIMTEK, para Hakim sudah bersertifikasi Hakim Mediator, Hakim Anak, dan Hakim Pemilu.

Keterlibatan pimpinan dalam penetapan kinerja individu dan rapat baperjakat pun turut andil dalam pola rotasi mutasi pada Pengadilan Negeri Pasaman Barat itu. Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode etik pegawai yang tidak henti-hentinya saat apel dan rapat bulanan selalu diingatkan. Pengisian absen manual, absen Online melalui SIKEP, finger print dan mengisi LLK sebagai pedoman pimpinan dalam pengawasan rutin setiap harinya. Seluruh data kepegawaian yang ada di Pengadilan Negeri selain tersusun rapi dalam lemari berkas, pula dapat terlihat secara virtual dalam layar TV LCD.

Area IV mengenai Penguatan Akuntabilitas dibuktikan dengan keterlibatan pimpinan dalam melakukan penyusunan perencanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020. Menetapkan Rencana Strategis (RENSTRA) 2021-2025, Rencana Kerja Tahunan (RKT) tahun 2020, Perjanjian Kerja tahun 2020, Reviu Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2020, Laporan tahun 2019, dan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) tahun 2019.

Area V mengenai Penguatan Pengawasan dibuktikan dengan adanya monitoring dan evaluasi SIWAS, kedisiplinan pelaporan LHKPN dan LHKASN, penyediaan kotak pengaduan, sosialisasi Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP). Adanya penerapan Whistle Blowing System (WBS), laporan realisasi anggaran, dan adanya public campaign tentang pengendalian gratifikasi ke masyarakat, pengawasan melalui CCTV yang berjumlah 16 titik terintegrasi dengan layar LCD di ruang KPN.


Area VI mengenai Peningkatan Kualitas Pelayanan dibuktikan dengan adanya laporan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan nilai 93.75. Adanya Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dengan nilai 3.89, adanya tindak lanjut temuan internal dan ekstenal, kompensasi terhadap keterlambatan pelayanan PTSP berupa minuman dingin, pemberian buku standar Pelayanan Pengadilan, adanya banner prosedur layanan. Adanya mesin antrian, mesin EDC, TV hiburan, TV SIPP, tempat charger handphone, kursi tunggu depan PTSP maupun ruang tunggu outdoor, adanya layanan bantuan hukum di POSBAKUM, dan sidang keliling “KSATRIO SIRANCAK”.

Selain itu Warman Priatno mengatakan, adapun daftar Inovasi Layanan di tahun 2020 pada Pengadilan Negeri Pasbar meliputi Pelayanan terpadu Satu Pintu Berbasis Teknologi Informasi, website pengadilan yang ramah difabel. Aplikasi E-Court, SIPP, PTSP+, aplikasi Pangsid (Panggilan Sidang) atau dapat digunakan pula untuk pengumuman lainnya seperti pemanggilan pihak, pemanggilan kumpul rapat, pengumuman anti KKN, dan lainnya. Serta layanan unggulan lainnya, yaitu Aplikasi Digital Virtual Asisten (DIVA) yang dapat diakses melalui facebook, whatsapp, line dan telegram.

Menurutnya, aplikasi tersebut memudahkan mendapatkan informasi secara cepat, mudah dan akurat meliputi informasi perkara, tilang, jadwal sidang, sisa panjar, izin besuk, divaplus, E-Court, Eraterang, pengaduan, informasi covid, langganan sidang, persyaratan PTSP, jadwal salat, Profil Pimpinan, Ksatrio Sirancak, survey IKM, survey IPK, cuaca dan gempa. Sehingga masyarakat cukup dari rumah saja menggunakan smartphone untuk mengakses layanan yang diperlukan.

“Program unggulan kami adalah “KSATRIO SIRANCAK” atau Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dengan Pengadilan Negeri Pasaman barat Tentang Pelayanan Terpadu Secara Elektronik (Aplikasi, Eraterang, E-Court, DIVA & SIAK). Yang pada pokoknya pelayanan berbasis elektronik berupa Aplikasi E-Court, Aplikasi Eraterang, Aplikasi DIVA, dan SIAK. Kemudian adanya sidang keliling mengenai perkara permohonan serta adanya pojok pengadilan di setiap Kantor Camat se-Kabupaten Pasaman Barat,” ucapnya.

terakhir pihaknya berharap Pengadilan Negeri Pasaman Barat dalam menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), tentunya terus istiqomah dalam pelayanan terbaik untuk masyarakat. “Pengadilan Negeri Pasaman Insya Allah Santun, Adil dan Amanah untuk Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Makan rendang dengan sate lokan, WBK datang kami siap laksanakan,” tandasnya mengakhiri. (rom)

Next Post

APEL OPERASI LILIN SINGGALANG 2020, Kapolres Pasbar Tegaskan Personel Cegah Aksi yang Meresahkan Masyarakat

Sen Des 21 , 2020
SIMPANGEMPAT, KP – Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat (Pasbar) melaksanakan […]