PERINGATI HARI BHAKTI KE-75, PUPR Tetap Membangun Infrastruktur Negeri Ditengah Pandemi

PAYAKUMBUH, KP- Sejarah mencatat peringatan Hari bakti PU ini berawal dari kisah heroik para pegawai PU tak lama setelah Proklamasi 17 Agustus 1945 dikumandangkan. Hari Bakti PU Lahir dari Kisah Heroik 21 Pegawainya di Gedung Sate, Bandung pada tanggal 3 Desember 1945 yang lampau, dan untuk mengenang perjuangan pahlawan dari Departemen PU tersebut, maka selalu diperingati setiap pada tanggal 3 Desember sebagai hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) setiap tahunnya.

Dan kembali pada 3 Desember 2020 ini Kementrian Pekerjaan Umum (PU) melaksanakan peringatan Hari Bhakti PU ke-75, dan tanpa terkecuali bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Payakumbuh yang turut memperingati hari gugurnya pahlawan Departemen PU tersebut.

“Saat mempertahankan kemerdekaan yang baru diraih pada 17 Agustus 1945 yang silam, sebanyak 7 orang pegawai dari Departemen PU gugur dalam pertempuran dengan penjajah. Dan untuk mengenang ke-7 orang tersebut, maka mereka ini disebut sebagai pahlawan Sapta Taruna,” ucap Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Muslim saat didapuk jadi inspektur upacara Hari Bhakti ke-75 yang berlangsung di halaman kantor Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Kamis (3/12) lalu.

Lebih lanjut, Muslim mengatakan jika peringatan Hari Bhakti ke-75 di tahun 2020 ini mengusung tema “Bhakti PUPR Tetap Membangun Infrastruktur Negeri Ditengah Pandemi” supaya tujuan Payakumbuh Menang City of Randang dapat tercapai.

“Pembangunan infrastruktur haruslah akuntabel sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat, bukan hanya sekedar membangun saja akan tetapi kita juga harus melihat aspek pembangunan itu, dimana dengan dilakukan pembangunan tersebut apakah akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyrakat,” ujar Muslim.

Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur haruslah fokus untuk memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan sektor usaha kecil dan menengah, pengembangan pariwisata sehingga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan atas tujuan ini.

 Oleh karna itu, Muslim menuturkan jika sudah saatnya dilakukan pembangunan untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan yang menghubungkan pusat-pusat kegiatan, sentra pertanian, sentra industri serta menghubungkan objek wisata dengan sentra pemasaran.

Dalam kesempatan itu, Muslim juga menyampaikan jika Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Payakumbuh menunjukan pencapaian kinerja yang luar biasa di tahun 2020. Di antaranya,  Kesesuaian pemanfaatan ruang mencapai 99,9 persen, Daerah irigasi berkinerja baik mencapai 100,39 persen, Ketersediaan fasilitas umum perkotaan mencapai 99,32 persen, Panjang jalan status kota kondisi mantap mencapai 99,63 persen, Sistem drainase skala kota mencapai 99,50 persen, Pelayanan air minum mencapai 98,02 persen, Penataan sungai mencapai 100 persen, dan Nilai AKIP SKPD mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah, atas pencapaian dari hasil kerja keras dan kerjasama kita di tahun 2020 ini, terutama pencapaian dalam pembangunan, kita juga telah meraih banyak penghargaan dari tingkat provinsi maupun nasional. Dan terakhir dinas PUPR telah menerima penghargaan dari KPK-RI atas Praktek Baik Tingkat Provinsi Maupun Pemberian Perizinan Berusaha,” ungkap Muslim. (dst)

Next Post

HINGGA 8 DESEMBER, Dukcapil Sijunjung Laksanakan Perekaman KTP-el di Sejumlah Nagari

Jum Des 4 , 2020
SIJUNJUNG, KP – Sejak akhir November hingga 8 Desember 2020, […]