PERKUAT PENGAWASAN PEMERINTAH DAN TINGKATKAN SINERGI APIP, Pemprov Sumbar Jalin Kerjasama dengan BPKP

PADANG, KP – Gubernur Sumbar diwakili Sekda Alwis melakukan penandatanganan nota kesepakatan dan rencana kerja antara Pemprov Sumbar dengan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumbar Buyung Wiromo Samudro di ruang kerja Gubernur, Rabu (2/12).

Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat pengawasan terhadap pemerintah daerah sekaligus sebagai wujud sinergi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Penandatanganan ini dilakukan secara serentak oleh Gubernur se-Indonesia dan Kepala Perwakilan BPKP se-Indonesia disaksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesiasecara virtual.

Pada kesempatan itu, Tito Karnavian mengatakan pendandatangan nota kesepakatan itu merupakan kelanjutan dari MoU dan nota kesepahaman bersama yang sudah dibuat pada 3 September 2020 lalu dengan BPKP terkait Koordinasi Tugas dan Fungsi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“BPKP sebagi pemeriksaan eksternal dan internal pemerintah menjadi sangat penting dalam mengawal pemerintahan di daerah agar roda pemeritnahan dapat berjalan lancar, terutama dari sisi program dan anggaran,” ungkap Tito Karnavian.

Setelah penandatanganan, lanjutnya, hal pertama yang dilakukan adalah mengevaluasi program kerja anggaran tahun 2020. Seperti diketahui, pada kata Mendagri, tahun ini APIP pusat maupun daerahmengalami problema yang sama. Pandemi covid-19 mengubah ‘Rule of Game’ atas semua kegiatan yang direncanakan. Tak hanya itu, pandemi juga berdampak pada sisi ekonomi dan sosial.

Khusus untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021, Mendagri mengatakan agar daerah membagi dan mengatur belanja barang dan modal untuk direalisasikan dari kwartal ke kwartal atau bulan ke bulan secara merata.

“Pemerintah pusat menginginkan pencairan belanja barang dan modal sudah dilakukan sejak awal tahun melalui pendampingan dan pengawasan dari BPKP,” tutur Tito Karnavian. (mas)

Next Post

Asrama SMP IT Darul Hikmah Pasbar Terbakar

Rab Des 2 , 2020
SIMPANG EMPAT, KP – Bangunan asrama SMP IT Darul Hikmah […]