Pilkada Bukittinggi, Warga Antusias Berikan Hak Suara

BUKITTINGGI, KP – Pelaksanaan pemungutan suara di 233 TPS di Kota Bukittinggi pada Pilkada Serentak yang dilaksanakan Rabu (9/12) berjalan aman, tertib dan cukup kondusif.Hingga berita ini ditulis, penghitungan suara sedang berlangsung di seluruh TPS yang ada.

Dari pantauan KORAN PADANG di lapangan, sebagian warga Bukittinggi cukup antusias memberikan hak suaranya ke TPS yang telah ditunjuk. Itu terlihat mulai pukul 08.00 wib pagi kemarin di mana warga kota sudah berdatangan ke TPS. Justru hingga pukul 10.00 wib Bukittinggi terlihat sepi, baik di jalan utama maupun beberapa bagian pasar padahal hari itu merupakan hari pasar di Bukittinggi. Hal tersebut menandakan warga kota memilih ke TPS dulu untuk memberikan hak suaranya daripada ke pasar untuk berusaha ataupun beraktifitas lainnya.

Di samping itu Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias, Wakil Walikota H. Irwandi dan Sekda H. Yuen Karnova serta pejabat Pemko Bukittinggi lainnya yang tinggal di Belakang Balok, memberikan hak pilhnya di TPS 002 Kelurahan Belakang Balok. Hal itu karena memang sesuai KTP bersangkutan beralamat di lokasi yang masuk dalam wilayah TPS 002.

WaliKota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias yang juga peserta kontentasi Pilkada tahun 2020 dari jalur independen berpasangan dengan H. Syahrizal beserta keluarga, tiba di TPS sekitar pukul 09.30 WIB. Seperti pemilih lainnya, Walikota beserta keluarga ikut antrian di TPS kemudian mengikuti protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, mengukur suhu tubuh dan menggunakan sarung tangan yang telah disiapkan.

“Alhamdulillah kami beserta keluarga telah memberikan hak pilih. Kami juga melihat situasi sampai saat ini kondusif. Proses pemungutan suara berjalan lancar. Ada pengaturan jam kehadiran oleh KPU untuk mencegah terjadi penumpukan pemilih,” ujar Wako Ramlan.

Wako berharap masyarakat dapat memberikan hak pilihnya pada Pilkada serentak 2020 di Bukittinggi. “Kita berikan kebebasan dan kenyamanan untuk pemilih di Kota Bukittinggi. Dengan 233 TPS, setiap TPS maksimal 500 pemilih, hingga pukul 13.00 wib bisa berikan hak pilihnya,” tuturnya.

Selain itu tidak lama berselang juga hadir Wakil Walikota H. Irwandi memberikan hak suaranya di TPS yang sama. H.Irwandi juga sebagai peserta Kontentasi Pilkada tahun 2020 berpasangan dengan David Chalik. Usai memberikan hak suaranya, H. Irwandi kepada awak media menyatakan optimis memenangkan Pilkada Bukittinggi tahun ini.

Hingga berita ini ditulis, tengah berlangsung penghitungan suara di semua TPS yang ada di Kota Bukittinggi, baik untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat maupun Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi. (eds/oki)

Next Post

Bawaslu Belum Temukan Indikasi Politik Uang di Padang

Rab Des 9 , 2020
PADANG, KP -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang menyatakan belum menemukan indikasi politik uang dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Ibu Kota Sumatera Barat Anggota Bawaslu Padang Firdaus Yusri di Padang, Rabu, mengatakan pihaknya terus melakukan patroli rutin di daerah tersebut sejak masa tenang hingga Rabu ini (9/12). “Hingga saat […]