Pilkada Limapuluh Kota, Seribu Lebih Surat Suara Ditemukan Rusak

LIMAPULUH KOTA, KP – Dari hasil pengawasan terhadap proses sortir dan lipat terhadap surat suara pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh yang dilakukan KPU. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Limapuluh Kota menyebutkan, terdapat seribu lebih surat suara yang masuk dalam ketegori rusak. Atas kondisi itu, Bawaslu yang dipimpin Yoriza Asra telah mengimbau KPU untuk segera melakukan pencetakan ulang terkait kekurangan tersebut.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata mengatakan, jenis kerusakan ribuan surat suara itu berupa surat suara mengkerut, ada bintik-bintik serta gambar pasangan calon Bupati-Wakil Bupati yang tidak jelas atau buram. Terkait masih tersisanya waktu untuk proses sortir dan lipat, Bawaslu terus mengingatkan jajaran KPU untuk tetap mempedomani aturan dalam proses itu.

“Iya, terkait sortir dan lipat surat suara pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, dari hasil pengawasan kita menemukan 1400 lebih surat suara rusak. Untuk itu kita minta KPU segera melakukan penggantian dengan mencetak ulang,” sebut Ismet Aljannata, Rabu (2/12).

Mantan Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota itu juga menambahkan, atas kondisi tersebut KPU memastikan penggantian terhadap surat suara rusak itu akan dilakukan penggantian dalam tiga hari. Sehingga kebutuhan logistik Pilkada dapat terpenuhi sesuai kebutuhan.

Selain itu Ismet juga terus mengingatkan jajaran Pengawas Pemilu di Kabupaten Limapuluh Kota hingga ke tingkat nagari untuk terus meningkatkan pengawasan tahapan Pilkada, terutama saat masa tenang. “Selain terus mengajak masyarakat ikut aktif melakukan pengawasan Pilkada tahun 2020, kita juga mengingatkan jajaran pengawasan hingga ke tingkat Nagari lebih meningkatkan pengawasan, terutama saat masa tenang,” tutupnya. (dst)

Next Post

HADAPI PILKADA 2020, Polres Sijunjung Gelar Apel Kesatuan dan Deklarasi Bersama

Kam Des 3 , 2020
SIJUNJUNG, KP – Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020, Polres Sijunjung menggelar Apel Kesatuan dan Deklarasi Bersama, di Jalan depan Kantor Dinas Kesehatan Muaro Sijunjung, Kamis (3/12). Apel Kesatuan dan Deklarasiitu dipimpin langsung Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, dengan komandan apel AKP Syafruddin Arief. Kegiatan itu dihadiri […]