PILKADA MAKIN DEKAT, Matangkan Persiapan, Pemkab Pasaman Rakor Bersama KPU

LUBUKSIKAPING, KP – Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman melaksanakan rapat koordinasi dan sosialiasi terkait tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember tahun 2020. Rakor yang digelar bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman itu untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dalam proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Tahun 2020.

Rakor tersebut dipimpin dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah, Drs. Maraondak yang diikuti Tim Desk Pelaksanaan Pilkada seperti dari KPU Pasaman, Bawaslu, Unsur TNI, Polri, dan dari SKPD terkait serta Camat se-Kabupaten Pasaman di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Pasaman, Selasa (1/12).

Sekretaris Daerah, Mara Ondak menyampaikan, rakor tersebut sebagai sarana diskusi dan koordinasi untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan digelar seminggu lagi, tepatnya 9 Desember mendatang. “Pelaksanaan Pilkada 2020 harus bisa berjalan aman, damai dan tertib. Maka kami harapkan kepada semua stakeholder untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada serentak ini,” ulasnya.

Mara Ondak menegaskan kesiapan penyelenggara Pilkada dalam penerapan protokol kesehatan saat pencoblosan di TPS. “Kita sangat tegas menjalankan protokol kesehatan dalam suasana pandemi covid-19 ini saat Pilkada nanti hendaknya. Kami berharap dalam pelaksanaan Pilkada ini bisa terhindar dari cluster baru penyebaran virus corona,” katanya.

Tantangan utama dalam pilkada serentak 2020 kata dia, pada masa pandemi masalah kerumunan massa dan tingkat pastisipasi pemilih. “Kita berusaha semampu kita bersama untuk menghindari terjadi cluster penyebaran baru Covid-19. Maka dari itu kita butuhkan peran serta semua pihak dalam mensukseskan agenda akbar ini,” ungkapnya.

Staf Ahli Bupati Pasaman, Yasri Uripsyah yang bertindak sebagai moderator rakor menyampaikan, hal yang dibahas pada kesempatan tersebut adalah berbagai langkah dan upaya strategis secara detail dalam mensukseskan Pilkada. “Termasuk membahas permasalahan yang berkemungkinan terjadi, di antaranya mengenai pengawasan, pengamanan dan persiapan yang diperlukan serta penyelenggaraan pada 9 Desember 2020. Semua yang hadir dalam rakor berkomitmen mensukseskan Pilkada serentak berjalan lancar dan turut aktif berperan mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada serentak 2020,” sebutnya.

Sementara itu Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi yang hadir dalam rapat bersama itu menyampaikan, pihaknya sudah menjalankan semua tahapan Pilkada sampai debat pasangan calon. “Semua tahap persiapan sudah kita laksanakan sesuai taget kita sampai hari ini. Saat ini kita tengah sibuk mempersiapkan logistik Pilkada karena pelaksanaannya sudah diambang pintu,” ulasnya.

Di samping itu Rodi Andermi berharap semua proses penyelenggaraan Pikada di Pasaman hendaknya bisa berjalan lancar dan sukses. “Kemudian bisa berjalan aman dan tidak ada halangan berarti yang terjadi. Apalagi hendaknya bisa tercapai target nasional partisipasi pemilih sekitar 77,5 persen,” tutupnya. (nst)

Next Post

PERKUAT PENGAWASAN PEMERINTAH DAN TINGKATKAN SINERGI APIP, Pemprov Sumbar Jalin Kerjasama dengan BPKP

Rab Des 2 , 2020
PADANG, KP – Gubernur Sumbar diwakili Sekda Alwis melakukan penandatanganan […]