Polda Sumbar Kerahkan 3.173 Personel dalam Operasi Lilin

PADANG, KP – Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi ‘Operasi Lilin Singgalang 2020’. Operasi tersebut dalam rangka memberikan pengamanan saat Natal dan Tahun Baru 2021.
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setiantomengatakandalam operasi yang berlangsung selama 15 hari tersebutpihaknya akan mengerahkan ribuan personel yang terdiri dari Polda Sumbar dan Polres sejajaran.
“Operasi Lilin Singgalang 2020 akan dimulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021dengan personel yang dilibatkan sebanyak 3.173 personel,” kata Satake usai Rakor Lintas Sektoral di Mapolda Sumbar, Selasa (15/12).
Dikatakannya, selama operasi berlangsung pihaknya mendirikan 63 buah pos, terdiri dari Pos Pengamanan 38, Pos Pelayanan 24, dan 1 buah Pos Terpadu yang terletak di kawasan wisata Jam Gadang Kota Bukittinggi.
“Selain melibatkan personil Polri, operasi ini juga mengikutsertakan jajaran TNI serta instansi terkait lainnya demi terciptanya kelancaran Natal dan Tahun Baru,” sebutnya.
Kombes Pol Satake juga menegaskanditegah pandemi covid-19 saat inipihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menikmati hari libur dengan berkunjung tempat objek wisata di wilayah Provinsi Sumatera Baratuntuk selalu mengikuti protokol kesehatan (prokes) guna meminimalisir dan mencegah penularan virus corona.
“Kami imbau untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Serta patuhi Perda Provinsi Sumbar nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Jika melanggar akan mendapatkan sanksi sesuai perda tersebut,” ujarnya.

RAKOR LINTAS SEKTORAL

Sebelumnya, Polda Sumbar menggelar rapat koordinasi kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 yang dibuka oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, unsur forkopimda serta kapolres sejajaran Polda Sumbar.
Dalam sambutannya Gubernur Irwan Prayitno mengatakantahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini perayaan Natal dan Tahun Baru masih dalam situasi pandemi. Perlu dilakukan pengamanan yang sesuai dengan protokol kesehatan karena dalam perayaan keagamaan dan tahun baru biasanya akan memunculkan tempat-tempat kerumunan.
Sementara, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyebutpihaknya mengerahkan 3.173 personil ditempat-tempat objek vital.
“Polda Sumbar bersama seluruh stakeholder akan fokus dan mengutamakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” kata kapolda.
Selain tempat ibadah, sarana transportasi umum, tempat pariwisata, dan pusat perbelanjaan akan menjadi target operasi kali ini.
“Kami ingatkan kepada jasa travel dan bus pariwisata, setiap penumpabg diwajibkan untuk pakai masker. Kami akan tindak tegas, siapa saja yang tidak pakai masker akan diberikan sanksi hukum sesuai Perda Nomor 6 tahun 2020,”ucapnya.
Kapolda Toni Harmanto mengajak seluruh masyarakat bisa menjaga di daerahnya masing-masing dalam penerapan protokol kesehatan. Sebab, sulit untuk memastikan apakah orang yang ada di lingkungan sekitar terbebas dari virus covid-19. (mas)

Next Post

Polresta Padang Rampungkan Kasus Petugas covid-19 Gadungan

Sel Des 15 , 2020
PADANG, KP – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padangmerampungkan pemberkasan kasus […]