Polri Resmi Tutup Kasus Dugaan Pidana Pemilu Cagub Sumbar Mulyadi

JAKARTA, KP – Polri menutup kasus dugaan tindak pidan pemilu yang melibatkan Calon Gubernur Sumatera Barat Mulyadi di Pilkada 2020. Diketahui yang bersangkutan telah ditetapkan tersangka dalam kasus ini.
Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian membenarkan hal tersebut. Bahwa kasus dugaan tindak pemilu pada Pilkada 2020 tersebut sudah diterbitkan Surat Penetapan Penghentian Penyidikan (SP3).
“Sudah (SP3),” kata Andi saat dikonfirmasi, Senin (14/12).
Dia menuturkan, penyidik Polri menerbitkan SP3 pada Jumat lalu (11/12). Adapun penyidikan kasus dihentikan lantaran pihak pelapor telah mencabut laporannya.
“Berawal dari surat permohonan pencabutan laporan yang disampaikan pelapor ke Sentra Gakkumdu Bawaslu,” jelas Andi.

KASUS YANG MENIMPA MULYADI

Mulyadi dilaporkan pada Kamis (12/11) karena hadir dalam tayangan program ‘Coffe Break’ di TV One sebagai narasumber. Konten atau isi tayangan tersebut dinilai mengandung muatan kampanye.
Sedangkan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 5/2020 junto Keputusan KPU Sumbar 31/2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal, Kampanye Media Massa Cetak dan Elektronik dapat mulai dilaksanakan pada tanggal 22 November sampai dengan 5 Desember 2020.
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menegaskan, dugaan pelanggaran yang dilakukan Mulyadi bukan pidana biasa.Sehingga, kata dia, tak bisa dikaitkan dengan Surat Telegram (TR) Kapolri nomor ST/2544/VIII/RES.1.24./2020 tanggal 31 Agustus 2020 terkait dengan penundaan proses hukum terhadap Calon Kepala Daerah yang menjadi peserta Pilkada 2020.
“Pak M atas dugaan tindak pidana pemilihan umum bukan tindak pidana biasa,” kata Argo ketika itu.
Oleh karena itu, Mulyadi sempat ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pemilu karena melakukan kampanye di luar jadwal. Dia dijerat Pasal 187 ayat (1) UU Nomor 6/2020 dengan hukuman paling sedikit 15 hari penjara dan banyak 3 bulan serta denda paling banyak Rp 1 juta. (ozc)

Next Post

Disdukcapil Solsel Hadirkan Pojok Baca Digital bagi Masyarakat

Sel Des 15 , 2020
PADANG ARO, KP – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, Dinas […]