Pustu Parak Karakah Bakal Dijadikan Puskesmas Induk

PADANG, KP – Upaya Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kesehatan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap warganya terus ditingkatan.Salah satu upaya tersebut adalah dengan menambah dan melengkapi sarana dan prasarana pendukung, salah satunya Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan pada tahun 2021 nanti akan ada penambahan satu puskesmas di Kecamatan Padang Timur.

“Tahun depan Puskesmas Pembantu (Pustu) Parak Karakah Kecamatan Padang Timur akan naik statusnya menjadi puskesmas induk,” ujar Feri Mulyani, Rabu (16/12).

Menurutnya, Kecamatan Padang Timur yang berpenduduk 90 ribu jiwahanya memiliki satu Puskesmas yakni Puskesmas Andalas. Padahal, idealnya satu Puskesmas melayani 30 ribu wargakarena yang dilayani bukan hanya kesehatan perorangan tapi kesehatan masyarakat.

“Dengan adanya penambahan puskesmas ini diharapkan dapat semakin mendekatkan akses masyarakat di wilayah Kecamatan Padang Timur terhadap layanan kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Feri Mulyani menambahkansaat ini Kota Padang dengan jumlah penduduk lebih dari 900 ribu jiwa memiliki 23 Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan.

“Untuk itu diperlukan tambahan tujuh puskesmas lagi guna menunjang serta memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Andalas Mela Aryati menyambut gembira rencana beroperasinya Puskesmas Pembantu (Pustu) Parak Karakah menjadi Puskesmas induk pada tahun 2021 nanti.Menurut Mela, dengan demikian akan ada dua Puskesmas di Kecamatan Padang Timur yang akan memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Mela menjelaskan, selama ini Pustu Parak Karakah merupakan bagian dari Puskesmas Andalasyang memberikan pelayanan terhadap 30.400 warga di tiga kelurahan, yakni Kubu Dalam Parak Karakah, Parak Gadang Timur dan Kelurahan Marapalam.Jumlah tersebut menurut Mela sudah cukup untuk menjadikan Pustu Parak Karakah menjadi Puskesmas krena idealnya sebuah Puskesmas melayani 30 ribu orang.

“Selama ini Puskesmas Andalas merupakan satu-satunya Puskesmas di Kecamatan Padang Timur yang terdiri dari 10 kelurahan, serta melayani lebih kurang 90 ribu warga,” ujar Mela.

Ia menjelaskan sebagai satu-satunya Puskesmas, sebelum masa pandemi Covid 19, Puskesmas Andalas melayani sekitar 300 hingga 350 warga per harinya.Sementara untuk Pustu Parak Karakah sendiri setiap harinya memberi pelayanan terhadap sekitar 50 orang warga.Mela berharap dengan meningkatnya status Pustu Parak Karakah menjadi Puskesmas dapat semakin memaksimalkan upaya pemberian pelayanan kesehatan terhadap warga, khususnya warga Kecamatan Padang Timur.

“Dengan adanya Puskesmas Parak Karakah, masyarakat yang berada di tiga kelurahan memiliki fasilitas kesehatan yang berada di dekat dengan akses warga tersebut,” pungkas Mela. (ip)

Next Post

Aktivitas Kafe Resahkan Warga, Satpol PP BeriTeguran Kedua

Rab Des 16 , 2020
PADANG, KP – Satpol PP Padang memberikan teguran kedua pada […]