Sekdako Solok Sambut Kedatangan Tim Penilai PKK-KKBPK-Kesehatan Provinsi Sumbar

SOLOK, KP – Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful, menerima kedatangan rombongan tim penilai PKK-KKBPK- Kesehatan tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2020 di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Selasa (8/12). Turut hadir pada kesempatan itu Wakil ketua TP PKK Kota Solok Elfia Safitri Reinier, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok Ardinal, Kepala OPD terkait, Ketua LKAAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Sekda mengucapkan selamat datang kepada tim penilai beserta rombongan di Kota Solok. Dikatakannya, penilaian itu merupakan suatu rangkaian terpadu PKK beserta OPD terkait dan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik formal maupun informal. Di samping itu program PKK-KKBPK-Kesehatan telah banyak menunjukkan nilai positif dan hasil nyata serta dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap seluruh anggota PKK tidak bosan-bosannya memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya program KB dan kesehatan, terutama dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat,” sebutnya.

Dijelaskan Sekda, kegiatan di Kota Solok diawali rapat kesepakatan dengan mengadakan pertemuan, baik bahasan mengenai kegiatan, target dan sasaran serta pembentukan panitia yang dilakukan 15 Oktober 2020 lalu di Aula Bappeda. Penilaian dilakukan di masing-masing kelurahan, dilanjutkan penilaian kecamatan dengan empat kategori, yakni pelaksanaan terbaik PKK-KKBPK-Kesehatan, Pelaksana terbaik Posyandu, Pelaksana terbaik Lingkungan bersih sehat, Pelaksanaan PHBS di rumah tangga serta kegiatan inovatif.

Dari hasil penilaian, terpilih Kelurahan Kampung Jawa dan Kelurahan Laing yang dipersiapkan untuk penilaian tingkat provinsi. “Kami berharap, Kota Solok dapat meraih kembali prestasi di tingkat provinsi dan dapat mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional,” harapnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai, Khalidah mengatakan, pelaksanaan kegiatan tahun ini jauh berbeda karena kondisi Pandemi Covid-19 yang membuat tantangan semakin tinggi. PKK sebagai mitra kerja pemerintah sudah melakukan webinar diarahkan untuk keaktifan posyandu. Selanjutnya PKK juga telah menggelar Gebrak Masker dengan dihadiri langsung Ketua Umum TP PKK Pusat. Ke depannya ia mengingatkan kader PKK agar selalu bermuara kepada Dasawisma. 3M harus selalu diterapkan, apabila ada anggota PKK yang tidak melakukan itu harus ditegur. (van)

Next Post

Direnovasi, Masjid Al-Hidayah Bakal Jadi Ikon Kota Solok

Rab Des 9 , 2020
SOLOK, KP – Pembangunan bidang keagamaan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kota Solok di bawah kepemimpinan Walikota Zul Elfian bersama Wakil Walikota Reiner. Selain gencarnya kegiatan bernafaskan Islam, Pemko juga tidak luput membangun dan merenovasi sejumlah masjid dan musala. Menurut Wako Zul Elfian, langkah awal yang telah dilakukan adalah membangun sumber […]