Sopir Travel Kuras Isi ATM Penumpang, Ditembak Polisi karena Berupaya Kabur Saat Ditangkap

PADANG, KP – Seorang sopir mobil travel berinisial DS (20 tahun) asal Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) harus berurusan dengan polisi setelah mencuri dompet milik penumpangnya.
Tidak hanya mencuri dompet, pelaku juga menarik uang milik korban sebesar Rp11,1 juta yang ada di dalam ATM (Anjungan Tunai Mandiri) milik korban setelah mencocokkan PIN ATM dengan tanggal lahir korban yang ada pada KTP (Kartu Tanda Penduduk) korban.
“Dompet korban ini tertinggal di mobil pelaku. Bukan mengembalikannya, pelaku malah mengambil isi dompet dan menarik uang yang ada di dalam ATM korban,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang Padang, Kompol Rico Fernanda, Rabu (16/12).
Rico menyebutkanperistiwa ini bermula ketika korban menumpang travel dari Payakumbuh menuju Kota Padang pada Kamis silam (26/11). Setelah sampai di Kota Padang dan pelaku menurunkan semua penumpangnya, pelaku menemukan sebuah dompet di bawah kursi bagian tengah mobilnya.Dalam dompet tersebutpelaku menemukan uang tunai Rp290.000, beberapa kartu identitas, dan kartu ATM.
“Karena melihat ada kartu ATM, pelaku pergi ke ATM untuk melihat saldo salah satu ATM korban. Dia mencocokkan pin ATM dengan tanggal lahir di KTP korban. Pelaku berhasil membuka ATM dan melihat isi saldo Rp11,2 juta,” terang Rico.
Tergiur dengan uang sebanyak itu, pelaku melakukan penarikan sebanyak enam kali dengan total uang yang diambil Rp11,1 juta.
Sementara, korban yang mendapatkan notifikasi bank dari penarikan ATM-nya kaget dan melaporkannya ke Mapolresta Padang dengan Laporan Polisi NomorLP/680/B/XII/2020/SPKT UNIT II, tanggal 15 Desember 2020.Dari penyelidikan polisi, aksi pelaku saat melakukan penarikan di sebuah ATM Bank Nagari di Kota Padang ternyata terekam kamera pengintai atau CCTV. Dari rekaman itu, polisi berhasil mengantongi indentitas pelaku.
“Informasi dari masyarakat, pelaku berada di kawasan Lolong, Kecamatan Padang Barat. Dari sinilah kita berhasil meringkus pelaku. Namun karena melawan dan berusaha kabur, pelaku terpaksa kita lumpuhkan dengan timah panas,” kata Rico.
Bersama pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa uang tunai Rp6 jutadan rekaman CCTV. “Pelaku kita amankan ke Polresta untuk pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya. (pkt)

Next Post

Jokowi Janjikan Beri Vaksin Covid-19 Gratis untuk Seluruh Masyarakat

Rab Des 16 , 2020
JAKARTA, KP – Presiden Joko Widodo memastikan masyarakat tak perlu membayar vaksin Covid-19 yang akan diberikan. Pernyataan ini merespons polemik vaksin berbayar yang ramai belakangan ini.“Setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Gratis tidak dikenakan biaya sama […]