TEKAN ANGKA PENGANGGURAN, DPMPTSP dan Naker Tanahdatar Laksanakan Pelatihan Kerja Mandiri

BATUSANGKAR, KP – Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DMPTSP dan Naker) Kabupaten Tanahdatar melaksanakan pelatihan kerja mandiri terhadap perwakilan masyarakat Nagari Singgalang yang belum memiliki pekerjaan tetap di BLK Batusangkar Lima Kaum, Jumat (11/12).

Pelatihan yang mengangkat tema pembekalan kegiatan penciptaan wirausaha baru itu, berlangsung selama 3 hari, mulai dari Jumat hingga Minggu (11-13/12).

Menurut Kepala Dinas DMPTSP dan Naker Zaratul Khairi, melalui pelatihan itu bisa menekan angka pengangguran di Tanahdatar, serta terbukanya lapangan kerja baru. “Masyarakat peserta pelatihan patut bersyukur dengan adanya pelatihan ini. Sebab, ilmu yang didapatkan nantinya diharapkan dapat berkembang dan berkelanjutan. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Disebutkannya, dari 75 nagari di Tanahdatar, bantuan Kemenaker RI itu hanya diperoleh oleh 2 Nagari, yakni Nagari Singgalang dan Batipuh Baruah.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Tanahdatar, Dedi Iriawan berharap melalui pelatihan tersebut dapat meningkatkan kesejateraan dan ekonomi masyarakat, serta menimalisir angka pengangguran. “Melalui program ini tentunya harapan kami baik eksekutif maupun legislatif, masyarakat bisa lebih memaksimalkaan dan mengoptimalkan bantuan ini,” ucap Kader Golkar itu.

Ia juga berharap bantuan yang diberikan tidak putus di tengah jalan seperti yang sudah-sudah. Melainkan harus meningkat setiap tahunnya. Dengan arti kata, ilmu yang diperoleh peserta pelatihan bisa dikembangkan sehingga tercapai apa yang dicita-citakan. “Dengan bantuan, kita termotivasi, kita terbangun bahwa bantuan pemerintah ini untuk bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Selain itu turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut Kabid Naker, Melly dan Kasi Tenaga Kerja Dinas DMPTSP, Budi Syahputra. (nas)

Next Post

Salah Satu TPS di Limapuluh Kota Bakal Dilakukan Pemungutan Suara Ulang

Jum Des 11 , 2020
LIMAPULUH KOTA, KP – Meski Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Walikota-Wakil Walikota […]