TINJAU SALURAN DRAINASE TERSUMBAT, Wawako Reinier Harapkan Masyarakat Wujudkan Kebersihan Lingkungan

SOLOK, KP – Wakil Walikota Solok Reinier, Senin (7/12) meninjau langsung kondisi saluran drainase lingkungan pemukiman yang tersumbat di kawasan Asrama XII, Kelurahan Tanah Garam. Tiba di lokasi, tanpa basa-basi Wawako Reinier langsung turun melihat kondisi drainase yang bermasalah tersebut didampingi Camat Lubuk Sikarah Novri Aprilizen dan OPD terkait.

Kepada Reinier, warga mengaku kalau drainase yang mengitari lingkungan pemukiman itu kerap tersumbat karena banyaknya sampah. Kondisi itu juga menyebabkan bau kurang sedap. “Kondisi ini sudah cukup lama dan kerap dikeluhkan warga kepada pihak pemerintahan, namun belum mendapat respon baik dari pihak terkait,” keluh salah seorang warga kepada Reinier.

Terlebih lagi ulasnya, saat sudah masuk musim hujan, air kerap meluap dari saluran drainase dan tentunya menimbulkan banjir yang menggenangi lingkungan pemukiman. Lain lagi jika musim kemarau terang warga, beragam jenis sampah mewarnai aliran sungai yang mampet. Sehingga bau busuk menjadi langganan warga yang melintas di lokasi.

“Karena mampet saat musim hujan, banjir pasti terjadi di sini. Namun bila musim kemarau, bau busuk menyengat dari drainase dan menjadi teman sehari-hari bagi ratusan warga di daerah Berok ini,” keluh warga.

Warga berharap, kedatangan Wawako Reinier meninjau kondisi drainase tersebut membawa perubahan langsung. Ada langkah nyata yang dilakukan Pemko Solok bersama pihak terkait.

Menanggapi curhatan warga, Reinier mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti keluhan yang disampaikan. Menurutnya, kondisi lingkungan yang bersih sangat perlu diwujudkan di setiap lingkungan pemukiman. “Lingkungan yang bersih dan sehat akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Jangan sampai drainase yang buruk dan kumuh mengundang berbagai penyakit bagi masyarakat kita,” kata Reinier.

Kendati demikian, Reinier berharap warga juga mendukung mewujudkan kebersihan lingkungan dengan tertib membuang sampah. Pihak pemerintah daerah melaluinya dinas terkait dan warga bahu membahu untuk membersihkan lingkungan. “Dalam waktu dekat, kita agendakan untuk melaksanakan gotong royong bersama. Dengan kerjasama yang baik antara pihak Pemko dengan masyarakat, ke depan persoalan ini akan segera kita selesaikan,” jelasnya. (van)

Next Post

Sekdako Solok Sambut Kedatangan Tim Penilai PKK-KKBPK-Kesehatan Provinsi Sumbar

Rab Des 9 , 2020
SOLOK, KP – Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful, menerima kedatangan rombongan tim penilai PKK-KKBPK- Kesehatan tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2020 di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Selasa (8/12). Turut hadir pada kesempatan itu Wakil ketua TP PKK Kota Solok Elfia Safitri Reinier, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok […]