TPS Palak Aneh, Jumlah Pemilih di Bawah 60 Persen

PARIAMAN, KP – Jumlah pemilih di TPS I dan II Desa Palak Aneh Kecamatan Pariaman Selatan menurun di bawah 60 persen berdasarkan hasil rekap surat suara usai penghitungan pada Rabu sore (9/12).

Di TPS I, Kantor Desa Palak Aneh jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) 435 orang, 63 di antaranya di perantauan. Sedangkan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 238 orang. Sementara di TPS II, DPT 431 DPTB 4 dan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 238 jiwa.

Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Palak Aneh, Maya Fitriani mengatakan, partisipasi pemilih menurun di masa Covid-19, karena di Pilkada dan Pemilu sebelumnya jumlah pemilih mendekati 70 persen per TPS. “Sekarang jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya hanya di atas kisaran 55 persen dengan adanya pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk sosialisasi cukup gencar dilaksanakan, bahkan setelah subuh di masjid dan surau petugas PPS terus mengimbau supaya masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. “Bahkan kita juga mendatangi kelompok mayarakat memotivasi mereka untuk menggunakan hak pilihnya. Kalau kami dengar dari masyarakat cek suhu di TPS membuat warga jadi takut apalagi mendengar kata swab dan isolasi,” ungkapnya.

Sementara itu Anggota PPS Askari Rizal menambahkan, untuk menarik antusias warga datang memilih, di TPS I didekorasi seperti acara pesta pernikahan. “Di TPS I ini kita hias dengan mode seperti pelaminan dan petugas KPPSnya memakai baju kuruang basiba yang mencirikan adat dan budaya minangkabau,” terangnya.

Ia melanjutkan, maknanya diisyaratkan bahwa Pilkada itu merupakan alek demokrasi. “Untuk itulah kita mendorong seluruh PPS dan KPPS memberikan layanan terbaik bagi warga yang datang ke TPS,” pungkasnya

Sedangkan dari KPU sendiri, mengadakan lomba bagi TPS yang berpenampilam menarik dan unik. Sekaligus bertujuan untuk menarik masyarakat datang ke TPS. (war)

Next Post

Diskominfo Agam Sambungkan Jaringan Internet di 32 Fasilitas Umum

Kam Des 10 , 2020
LUBUKBASUNG, KP – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Agam, […]