Unand Perkenalkan Pakan Alternatif untuk Ikan dan Unggas

PADANG, KP – Universitas Andalas (Unand) Padang melalui tim pengabdian masyarakat mengenalkan maggot (Hermetia illucens) sebagai pakan alternatif bagi peternak unggas dan ikan di daerah Kuranji, Kota Padang.
“Maggot adalah agen pengurai materi organik yang memiliki kemampuan mengurai lebih baik dibandingkan dengan organisme lainnya. Maggot atau sering juga disebut lalat tentara hitam (Black Soldier Flies atau BSF) memiliki biomassa dengan kandungan protein dan lemak tinggi,” jelas Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Unand Dr. Resti Rahayu, Jumat (18/12).
Menurutnya, kandungan protein larva lalat tentara hitam sebesar 45-50 persen, sementara makanan yang mengandung protein kasar sebesar 19 persen dapat dijadikan sebagai sumber protein hewani untuk pakan ternak.
Ia menjelaskan, dengan memelihara maggot dan menjadikan sebagai pakan alternatif akan berdampak pada biaya produksi menjadi jauh lebih murah, masalah sampah pun akan teratasi, karena makanan maggot adalah sampah.
Lebih lanjut, Resti yang juga merupakan dosen Biologi Unand mengatakanmaggot dapat diberikan dalam bentuk segar ataupun dalam bentuk formulasi pakan.Apabila produksi dari maggot melimpah maka masyarakat akan diberikan pelatihan pembuatan pellet ikan atau unggas yang mana dapat disimpan lama ataupun dijual sebagai income tambahan bagi peternak.
“Untuk tahap awal kegiatan kelompok peternak ikan dan unggas dari Kuranji diperkenalkan dengan maggot dan cara pemeliharaannya,” tuturnya.
Diterangkannya, pada 13 Desember 2020 lalu Tim Pengabdian Masyarakat Unand telah mengajak beberapa perwakilan mitra dari kelompok peternak ikan dan itik mengunjungi tempat pemeliharaan maggot yang cukup berkembang di daerah Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota sebagai studi banding. Ia mengungkapkan, kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah program yang diluncurkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unand untuk membantu usaha masyarakat berkembang. (ant)

Next Post

Wako Mahyeldi Terima Penghargaan ‘Nirwasita Tantra’ dari KLHK RI

Jum Des 18 , 2020
PADANG, KP – Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah kembali meraih penghargaan […]