Unitas Siap ‘Terbang’ di Tengah Persaingan Global

PADANG, KP – Dalam persaingan global saat ini, setiap almamater dan akademika dituntut tidak hanya berlari akan tetapi bisa terbang. Hal ini diungkap Rektor Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang Sepris Yonaldipada acara pengukuhan pengurus Alumni Unitas Padang periode 2020-2025 di ruang pertemuan Prof Haryono Suyono Unitas, Sabtu (5/12).
Rektor mengatakan saat ini Unitas berada di peringkat 110 dari 3.320 perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta berdasarkan data Kemenristekdikti. Sementara berdasarkan webometrics, Unitas berada pada peringkat 656 dari 3.320 perguruan tinggi se-Indonesia danmasuk rangking 7 dari 300-an perguruan tinggi di wilayah X Sumbar, Riau, dan Jambi.
Rektor muda ini juga mengatakan kini Unitas Padang sudah mendapatkan akreditasi institusi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Artinya, wisudawan tidak perlu minder, inferior dan berkecil hati ketika bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.
“Yakinlah kita selevel dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia tersebut. Apalagi kita dibekali dengan Konsep Pendidikan Ketamansiswaan oleh Bapak Pendidikan Nasional. Anda harus berani menerobos berkompetisi dengan institusi bergengsi dunia,” ungkapnya.
Sepris menyatakan dia perlu menyampaikan hal tersebut karena di era revolusi industri 4.0, tingkat persaingan di dunia kerja semakin sulit. Apalagi pekerjaan manusia banyak tergantikan oleh mesin-mesin otomatis berbasis kontrol digital. Era revolusi industry 4.0 bertumpu pada teknologi robotic dan kecerdasan buatan.
“Revolusi Industri harus dipandang sebagai peluang yang sangat menjanjikan. Makanya Unitas membuka program-program studi baru yang inovatif serta memiliki daya saing yaitu Program Studi (Prodi) Aktuaria, Prodi Manajemen Ritel, Prodi Kewirausahaan, Prodi Geografi, Prodi Agribisnis, dan Pasca Sarjana Agroteknologi,” katanya.
Sepris juga mengingatkan ketua dan pengurus Alumni agar secepatkan melakukan sinegritas pembahasan program dan kegiatan kepengurusan dengan pihak Universitas Tamansiswa Padang, sehingga semua gagasan dan kegiatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan guna mendorong kemajuan Unitas Padang tentunya.
Sementara, Sekretaris BPPTTS Tamansiswa Padang, Ki.Ir.P.N.Jefri,MPjuga menyampaikan keberadaan organisasi alumni seperti IKA-UNITAS memainkan peranan yang sangat penting dalam banyak hal Secara umum, IKA- UNITAS sangat potensial untuk mendukung kemajuan di negeri kita dengan berkiprahnya alumni dalam berbagai bidang’.
“Kualitas dan kuantitas alumni yang tergabung dalam organisasi alumni ini memungkinkan lahirnya solusi-solusi jitu, praktis, dan sinergis yang memang sangat dibutuhkan oleh negeri kita saat ini. Di sisi lain bagi almamater Unitas, meskipun bagi alumni yang saudara tidak berada di Padang, saya yakin bahwa saudara-saudara selalu up-to- date terhadap dinamika perkembangan Unitas di berbagai bidang,” ujarnya.
Menurutnya, berkat dukungan dan doa banyak pihaktermasuk para alumni Unitas, almamater telah berkembang sedemikian rupasehingga saat ini telah memiliki 10 program studi dan akan didirikan dua prodi magister lagi yaitu magister Manajemen dan Magister Hukum.
Ditambahkannya, para alumni merupakan salah satu simpul yang sangat pentingkarena kualitas dan kuantitas alumni menggambarkan kualitas layanan pendidikan Unitas. “Kami sangat yakinjika pun tidak 90 persen, maka minimal lebih dari 70 persen alumni Universitas Tamansiswa telah berhasil berprestasi yang membanggakan almamaternya dengan berkiprah ditengah masyarakat sebagai ASN, anggota legislatif, bupati, camat, TNI, kepolisian, wiraswata, dan lainnya,” ujarnya.
Diterangkannya, sampai wisuda yang terakhir ke-59, jumlah alumni Universitas Tamansiswa telah mencapai 112.274 orang. Setiap tahunnya, Unitas masih meluluskan lebih kurang 300 lulusan baru. Ia sangat berharap para alumni Unitas peduli dengan para alumni baru dengan cara membantu, membimbing, dan memfasilitasi mereka dalam memasuki dunia kerja. (mas)

Next Post

Memilih Dengan Tenang

Ming Des 6 , 2020
Mari kita sukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sumbar dengan menjatuhkan pilihan melalui mekanisme yang sudah ditetapkan. Bagi yang punya hak pilih, silahkan menjatuhkan pilihannya di bilik suara pada Hari Rabu lusa (9/12) di TPS yang sudah ditentukan. Memilih berdasarkan panggilan hati nurani, itulah yang terbaik.Boleh saja rayuan datang dari […]