UNP Gelar Wisuda ke-121 Selama Tiga Hari

PADANG, KP – Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar wisuda ke-121 secara luring dan daring di Auditorium UNP Kampus UNP Air Tawar Kota Padang selama tiga hari, Sabtu-Senin (19-21/12). Kegiatan wisuda ini menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat karena peserta yang menghadiri acara secara luring harus melewati tes swab. Selain itu, kegiatan ini juga telah mendapat izin dari Pemrov Sumbar.
Humas UNP dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Jumat (18/12) menjelaskan jumlah wisudawan pada periode ini sebanyak 2085 orang lulusan yang terdiri dariDiploma 3 (254 orang), S1 dan D4 Kependidikan (1139 orang), S1 dan D4 Non Kependidikan ( 492 orang), Magister (169 orang), dan Doktor (31 orang).
Pada wisuda UNP ke-121 ini juga akan dilakukan orasi ilmiah secara virtual pada hari pertama dengan menghadirkan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi IndonesiaBudi Arie Setiadi. Selanjutnya Rektor UNP Prof Ganefriakan menyampaikan pidato wisuda dengan judul ‘Optimalisasi Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Pemerintah, Dunia Usaha, dan Industri’.
UNP menilai kemitraan perguruan tinggi dengan pemerintah, dunia usaha, dan industri dinilai sangat penting sehingga UNP terus melakukan kerjasama dengan ketiga unsur tesebut melalui berbagai program. Hingga Desember 2020, UNP telah berhasil menjalin kerjasama melalui MoU dan MoA dengan 531 kerjasama dalam negeri dengan pemerintah, dunia usaha, dan dunia industri.
Bahkan, di tingkat Internasional UNP telah membangun kemitraan dengan 81 perguruan tinggi, dunia usaha dan dunia industri, seperti program dual degree Fakultas Ekonomi UNP dengan Universitas Utara Malaysia dan riset internasional dengan beberapa universitas, di antaranya dengan Chiba University dan Gifu University Japanserta James Cook University Australia.
“Di antara berbagai kerjasama tersebut telah membuahkan hasil dan mendapatkan perhargaan dari pemerintah, salah satunya adalah keberhasilan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, memperoleh penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, berupa Apresiasi PT Terbaik dalam Pendampingan Desa Wisata Tahun 2020,” kata Rektor UNP Ganefri.
Ia menambahkan, kemajuan kerjasama yang dilakukan UNP dengan Pemprov Sumbar adalah dipercayainya UNP untuk mengelola aset daerah seperti GOR Sumbar di Kabupaten Padangpariaman dan Museum PDRI di Koto Tinggi di Kabupaten Lima Puluh Kota. Di samping itu, lanjut rektor, melalui kerjasama dengan kabupaten-kota, UNP akan membuka program studi di luar kampus utama di Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Pesisir Selatan. (mas)

Next Post

SISWA DIBANTU ORANGTUA DAN GOOGLE, UAS Semester I Belum Cerminkan Pendidikan Karakter

Jum Des 18 , 2020
PADANG, KP – Pelajar SD dan SMP di Kota Padang […]