UNTUK MENCERDASKAN ANAK BANGSA, Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar Serahkan Susu Pasteurisasi di Tiga Daerah

Kepala DinasPeternakan dan Keswan Provinsi Sumbar Drh.Erinaldi,MM menyerahkan secara simbolis susu pasteurisasikepada siswaSMP Al-Hikmah, Kota Padangpanjang belum lama ini. Susu tersebut berasal dari dana anggaran Dana Intensif Daerah (DID) yang disalurkan di tiga daerah, yaituKota Padangpanjang,Kabupaten Agam, dan Kabupaten Padangpariaman.

Penyerahan susu pasteurisasi itu dihadiri oleh Walikota Padangpanjang Fadly Amran dan Kepala Dinas Peternakan setempat serta para undangan lainnya.

Menurut Sekretaris Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar, Drh.M.Kamil,MPsusu pasteurisasi tersebut diberikan kepada anak sekolah dan pesantren serta panti asuhan maupun panti jompo dengan maksud mencerdaskan anak bangsa serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi susu sebagai salah satu upaya meningkatkan imun tubuh disamping hidup sehat yang menjadi harapan bersama.

“Susu yang diserahkan itu telah memenuhi syarat dari pihak Balai POM dan mempunyai sertifikat halal,” ujarnya.

Selain itu, M.Kamil menjelaskan program itu juga bertujuan untuk memberdayakan peternaksapi perah di wilayah Sumatra Barat agar dapat memaksimalkanproduk susu yang berlimpah, bahkan terbuang akibatpandemi covid-19.

“Susu dapat termanfaatkan dan terjadi peningkatanproduksi yangpada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraanpara peternak Indonesia, khususnya di wilayah Sumbar. Dan dengan adanya program pemerintah ini sangat membantugenerasi penerus bangsa, anak-anak sekolah dan pondok pesantren, serta masyarakat yang sangat membutuhkan yaitu anak-anak panti asuhandan panti jompo yang tersebar di45 titik lokasi dengan total distribusi sebanyak 15.380 botol,” jelas M.Kamil.

Adapun rinciannyadi Kabupaten Agam 29 lokasi dengan total pendistribusian sebanyak 8.001 botol, Kabupaten Padangpariaman 8 titik dengan total pendistribusian 1.820 botol, danKota Padangpanjangjuga 8 titik dengantotal pendistribusian 5.559 botol.

Harapan dari para penerima bantuan, agar untuk tahunmendatang program ini dapat dilanjutkan karena begitu bermanfaat serta membawa berkah bagi semua. Hal tersebut juga disambut positif pihak Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar. Maka, untuk tahun 2021 daerah yang bakal mendapat bantuan susu pasteurisasi menjadi lima kabupaten/kota. Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar, Drh.M.Kamil,MP. *

Next Post

40 Kader Posyandu Puskesmas Andalas Ikuti Pembinaan

Ming Des 6 , 2020
PADANG, KP – Puskesmas Andalas melakukan pembinaan terhadap 40 orang […]