Wako Genius Umar Terima Aset Kawasan Waterfront City Talao Pauh

PARIAMAN, KP – Walikota Pariaman, Genius Umar bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPP) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah Provinsi Sumatra Barat Syafriyanti, menandatangani penyerahan aset Water Front City Talao Pauh dari Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kota Pariaman di Rumah Dinas Walikota, Senin sore (14/12).

Talao Pauh Kota Pariaman itu dibangun menggunakan dana APBN melalui BPIW Kementerian PUPR sebesar Rp 8,5 Miliar. Dengan telah diserahkannya aset pembangunan dan infrastruktur yang ada di Talao Pauh ke Pemko Pariaman, maka Pemko Pariaman dapat memberdayakan dan mengelola aset Talao Pauh tersebut untuk dikembangkan lebih jauh, dengan tetap memperhatikan azas kebermanfaatanya kepada masyarakat.

Kepala BPP Kementerian PUPR Wilayah Sumbar, Syafrianti mengatakan, dalam pengembangan sarana dan prasarana kawasan pariwisata terpadu dengan konsep Kota Tepian Sungai atau ‘waterfront city’, Pemko Pariaman menyulap Talao atau Rawa di Desa Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah menjadi waterfront city sebagai Destinasi Wisata Baru di daerah itu.

“Waterfroncity merupakan suatu program yang dapat dirasakan masyarakat langsung dari azaz manfaatnya. Dan Pemko Pariaman telah mengelola dengan memaksimalkan kawasan ini agar azaz manfaatnya tersebut dapat dirasakan masyarakat. Selain itu, dampak sosial dari keberadaan waterfrontcity telah sesuai visi dan misi Kota Pariaman sebagai Pariaman Kota Wisata, Perdagangan, Jasa yang Religius dan Berbudaya,” ujarnya.

Syafrianti yang biasa disapa Bundo itu juga memberikan apresiasi kepada Pemko Pariaman yang telah menjaga kebersihan daerah tersebut. Serta memberdayakan masyarakat dengan banyaknya pedagang yang berada di kawasan Talao Pauh itu yang ditata dengan baik dan rapi, sehingga dapat membangkitkan perekonomian di kawasan tersebut.

Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar menyebutkan, perencanaan dan pengembangan waterfroncity mempunyai tujuan utama untuk merevitalisasi sungai dan bibir pantai guna memperbaiki kehidupan masyarakat dengan menata bibir pantai dan sungai untuk pengembangan pariwisata.

“Sebelumnya Pemko Pariaman baru serah terima kelola dari Kementerian PUPR. Dan sekarang kita sudah bisa menambah dan memberdayakan dengan maksimal kawasan Talao Pauh ini karena masih menjadi aset Pemko Pariaman. Dengan ditandatanganinya serah terima aset ini, ke depan kita dapat menambah dan mengelola kawasan ini secara menyeluruh,” ulasnya.

Dengan hadirnya waterfrontcity, Genius berharap Pariaman bisa menjadi percontohan nasional untuk pembangunan kota tepi air seiring dengan gencarnya pembangunan yang dilakukan Pemko Pariaman. “Dapat kita lihat saat ini kawasan Talao Pauh telah menjelma menjadi destinasi wisata baru yang banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga visi kami menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata dapat terwujud dan juga masyarakat dapat menikmati pembangunan ini dengan menggeliatnya sektor ekonomi di kawasan tersebut,” tutupnya.

Selain itu serah terima aset kawasan waterfront city Talao Pauh bersama Kepala BPP Kementerian PUPR, Syafrianti didampingi Wako Pariaman Genius Umar itu turut dihadiri Kadis PUPR Kota Pariaman Asrizal, Kepala BPKPD Kota Pariaman Buyung Lapau, Kadis Kominfo Kota Pariaman, Hendri. Pada kesempatan mengunjungi kawasan Talao Pauh itu, Syafrianti mengapresiasi kebersihan di kawasan tersebut. (war/*)

Next Post

DPRD Sumbar Ungkap Sejumlah Program pada APBD-P 2020 Belum Terlaksana

Sel Des 15 , 2020
PADANG, KP – Ketua Komisi II DPRD Sumbar, Arkadius Datuak Intan Bano mengungkapkan, sejumlah program dan kegiatan yang diakomodir pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020 belum dilaksanakan oleh pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Diharapkan seluruh kegiatan bisa dilaksanakan hingga akhir tahun dan mempengaruhi realisasi anggaran provinsi. “Untuk […]