Wako Mahyeldi Terima Penghargaan ‘Nirwasita Tantra’ dari KLHK RI

PADANG, KP – Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah kembali meraih penghargaan prestisius jelang tutup tahun 2020. Kali ini, orang nomor satu di ibukota Provinsi Sumbar itu meraih penghargaan Green Leadership ‘Nirwasita Tantra‘
Dipilihnya Wako Mahyeldi Padang sebagai nominator penerima penghargaan ini karena dinilai mampu mengelola lingkungan hidup dengan baikserta sebagai kepala daerah yang mengeluarkan kebijakan berwawasan lingkungan dan mendukung program kota hijau yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.
Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) tersebut baru dapat diserahkan sekarang karena Pandemi Covid-19 yang tengah mewabah. Jika tidak adahalangan, rencananya penghargaan tersebut akan diserahkan Senin lusa (21/12) secara virtual.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon mengungkapkanpenghargaan yang diterima tersebut berkat sejumlah inovasi yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang dalam pengelolaan lingkungan sejauh ini.
“Kata kunci penerimaan penghargaan ini adalah inovasi yang kita lakukan. Alhamdulillah, cukup banyak inovasi yang telah dilakukan DLH, diantaranyainovasi terkait prioritas lemahnya penegakan hukum, inovasi terkait isu perioritas pengelolaan sampah, inovasi isu perioritas pembangunan tidak ramah lingkungan, dan inovasi terkait isu prioritas banjir,” sebut Mairizon, Jumat (18/12).
Ia menambahkan, penghargaan yang diterima juga tidak lepas dari kerjasama yang telah terjalin baik antara Pemko dengan DPRD Kota Padang selama ini serta dukungan anggaran kegiatan yang meningkat setiap tahunnya.
Sementara, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Kota Padang Amrizal Rengganis mengatakan, pada penerimaan penghargaan green leadership ini, Kota Padang masuk dalam Kategori Kota Besar. Hanya ada tiga kota di Indonesia yang masuk dalam kategori ini, yakniKota Padang, Kota Surabaya, dan Balikpapan.
Adapun penghargaan Green Leadership dibagi dalam beberapa kategori. Untuk tingkat kota, diberikan kepada Kota Kategori Besar, Sedang, dan Kecil. Kemudian tingkat kabupaten diberikan kepada Kabupaten Kategori Besar, Sedang, dan Kecil.Penghargaan selanjutnya juga diberikan kepada Ketua DPRD Tingkat II, untuk tingkat kota dengan Kategori Kota Besar, Sedang, dan Kecil, dan tingkat kabupaten dengan kategori Kabupaten Besar, Sedang, dan Kecil. Sementara untuk tingkat Provinsi dengan kategori juara harapan diberikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan dan Bangka Belitung.(ip)

Next Post

Kompolnas RI Apresiasi Polres Bukittinggi dalam Pelaksanaan Pengamanan Pilkada

Jum Des 18 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia yang […]