1 Maret 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

KREATIVITAS TANPA BATAS ISMULLATHIF: Ciptakan Lagu ‘Romansa’ dan Lahirkan Buku ‘Bentala Sastra’

Bersemi di kala pagi,
saat mentari perlahan beranjak
hari yang indah untuk merangkai kata,
indah sukma terlihat dari sosial media
bersama simponi klasik sejukkan alam,
dia yang manis suara lembut menggetarkan hati
senyummu buat aku bahagia…

Demikian sepenggal lirik lagu ciptaan musisi muda asal Kota Padang, Ismullathif, yang saat ini sedang menimba ilmu di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Negeri Padang (UNP). Lagu berjudul ‘Romansa’ karya milenial kelahiran Padang, 4 Januari 1999 silam ini sukses menembus platform aplikasi musik premium, mulai dari ‘Spotify’ hingga ‘Musixmatch’, dan tentu saja jejaring berbagi video paling pupoler sejagat, YouTube.

Kepada KORAN PADANG, Lathif — demikian pria bersahaja nan murah senyum ini disapa — menuturkan lagu ‘Romansa’ yang secara resmi dirilis pada 10 Oktober 2020 lalu dan sering diputar di radio itu bercerita tentang sebuah kekaguman kepada seseorang di media sosial. Saat ditanya apakah lagu ini berangkat dari pengalaman pribadinya, Lathif hanya tersenyum simpul. Namun yang jelas, lirik lagu ini sangat tepat menggambarkan perasaan jutaan anak muda yang akrab dengan media sosial dan tak jarang bertemu jodoh melalui media sosial.

Tak hanya mencipta lagu, pemilik akun Instagram @ismullathif ini juga telah melahirkan sebuah buku berjudul ‘Bentala Sastra’. Buku perdananya itu merupakan sebuah kumpulan puisi yang pernah dimuat di berbagai media massa lokal maupun nasional.

Lathif menjelaskan dia sudah tertarik pada dunia sastra maupun tarik suara sejak masih duduk di bangku sekolah menengah. Karena kegemarannya pada dunia seni membuat putra dari pasangan Adrizon dan Idafatma ini sering mengikuti berbagai perlombaan dalam bidang seni. Minat dan bakatnya itu terus diasah hingga ia duduk di bangku perkuliahan. Bahkan, pada awal tahun 2021 ini Lathif berhasil mendapatkan penghargaan dalam sebuah acara Anugrah Bahasa dan Seni.

Di tengah kesibukan sebagai mahasiswa, penulis, dan penyanyi, Lathif juga aktif dalam organisasi kampus. Sehingga, dia harus pandai-pandai membagi waktu.

Perjalanan kariernya tak luput dari yang namanya jatuh bangun. Saat itu ia sudah merampungkan lagu ‘Romansa’. Namun mencari label musik tak semuda membalik telapak tangan. Berbagai perusahaan sudah ia hubungi dan datangi namun hasilnya masih nihil. Sampai pada suatu ketika ia mendapat informasi dari temannya bahwa ada suatu tempat yang mau menerima hasil karyanya. Dari sanalah akhirnya karyanya itu mengudara dan diputar di berbagai radio serta tersedia di berbagai aplikasi musik.

Sama halnya dengan dunia musik, dia juga mengalami pasang surut dalam meraih impian menjadi seorang penulis, karena hal ini telah menjadi cita-citanya sejak kecil. Saat ini Ismullathif yang merupakan alumni SMA Negeri 9 Padang ini masih akan terus mengasah dan mengembangkan bakatnya di bidang musik dan penulis. (ak/*)