1 Maret 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ratusan Siswa SLTA se-Tanahdatar Ikuti Pelatihan Calon Anggota Polri

BATUSANGKAR, KP –Sekitar 216 siswa SLTA sederajat se-Tanahdatar mengikuti Pembinaan dan Pelatihan calon anggota Polri tahun 2021. Pembinaan dan pelatihan yang digelar Dinas PMTSP bekerjasama dengan Polres Tanah datar itu, berlangsung dari 23 Febuari hingga 2 Maret mendatang.

Staf ahli Bupati Bidang Ekonomi, Nursyirwan ketika membuka kegiatan itu, Senin (23/2) mengatakan, pelatihan dan pembinaan tersebut sebagai momentum dan kesempatan emas bagi siswa SLTA yang akan menamatkan pendidikan untuk memasuki dunia kerja. Baik itu masuk sebagai calon anggota Polri, maupun test calon menjadi pekerja di bidang lainnya. “Ini sebagai modal dalam mempersiapkan diri, mental dan SDM yang unggul,” ujarnya.

Dikatakannya, pembekalan tersebut telah berjalan selama tiga tahun. Di mana pada tahun pertama lulus menjadi anggota Polri sebanyak 5 orang dan tahun kedua sebanyak 9 orang. “Mudah-mudahan pada tahun ketiga ini jumlah lulus diterima menjadi anggota Polri lebih meningkat,” pintanya.


Sementara Kapolres Tanahdatar diwakili Wakapolres Kompol Eridal, menekankan kepada peserta agar mengikuti kegiatan dengan serius dan melaksanakan dengan baik. “Kegiatan ini sudah yang ketiga kali dan besar manfaatnya. Tahun 2020 kemarin, dari 300 lebih peserta, terpilih sembilan putra Tanahdatar menjadi anggota Polri,” ucapnya.

Dia berharap kepada Pemkab Tanahdatar untuk kembali memperpanjang MoU kegiatan tersebut, karena begitu besar sekali manfaatnya, terutama bagi putra-putri Tanahdatar yang berkeinginan masuk anggota Polri. “Kegiatan ini mempermudah putra-putri kita di saat ujian, karena sudah dilatih dan dibina dulu. Jadi tidak canggung dan juga grogi,” katanya. 

Kepada peserta, dia menyarankan untuk bersaing dan berkompetensi dengan sehat. Nilai terbaik dari kegiatan itu nantinya bisa terpilih masuk sebagai calon anggota Polri melalui jalur Akademi Polisi (Akpol). “Pembinaan dan pelatihan ini merupakan media dengan program latihan dalam merekrut putra-putri Tanahdatar yang memiliki kemampuan lebih dari yang lain. Mulai dari fisik, kesehatan, mental dan intelektualnya,” ungkapnya

Sedangkan Ketua Pelaksana Pembinaan dan Pelatihan, Kompol Hamzah mengatakan, pelatihan dan pembinaan itu bertujuan membantu dan memudahkan peserta untuk masuk sebagai calon anggota Polri. “Kegiatan ini membantu dan memudahkan peserta masuk sebagai calon anggota polri. Tapi tidak menjamin lulus,” ujar Kabag Sumda Polres Tanahdatar itu.

Disebutkan Kompol Hamzah, selama pembinaan dan pelatihan, para peserta akan mengikuti berbagai tahapan, mulai dari tahapan kesehatan jasmani, olahraga renang, psikologi dan pembinaan akademik. Selain itu turut hadir pada acara pembukaan tersebut Kadis PTMSP dan Naker Tanahdatar Zhairatul Kairi, Kabid Tenaga Kerja Melly, Plt. Kasi Pelatihan dan Produtivitas Tenaga Kerja Budi Syahputra dan para pejabat Polres Tanahdatar. (nas)