1 Maret 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Muhammadiyah Sumbar Gencarkan ‘Refreshing’ Muballigh di Daerah

SIMPANGEMPAT, KP – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar melalui Majelis Tabligh menggelar Refreshing Muballigh Muhammadiyah Tingkat Pasaman Barat, di Komplek Perguruan Muhammadiyah Sukomananti, Minggu lalu (21/2). Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua PWM Sumbar Buya Solsafad dan Buya Adrian Muis sekaligus sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam paparannya, Wakil Ketua PWM Sumbar, Solsafad mengatakan kegiatan refreshing muballigh akan digulirkan hingga tingkat cabang untuk menguatkan pemahaman para mubaligh sekaligus pembentukan korps mubaligh.

Buya Solsafat mengharapkan para muballigh Muhamadiyah hendaknya memiliki akhlak mulia, ilmu yang tinggi, ditambah dengan ibadah sunnah yang khas dilakukakan seperti puasa senin dan kamis serta ibadah sunnah lainnya.

“Jangan cukupkan hanya dengan ibadah wajib. Apalagi hanya retorika, pandai ceramah saja,” kata Buya Solsafat yang juga ketua Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar.

Sementara, Ketua Panitia, Ardinan melaporkan refreshing Muballigh Muhammadiyah Tingkat Pasaman Barat ini diikuti oleh 43 peserta yang berasal dari PCM se-Pasaman Barat.

“Memang banyak yang ingin ikut acara ini, namun kita batasi sesuai arahan PDM, karena masih kondisi pandemi,” tutur Ardinan.

Ia menambahkan, kegiatan ini murni dari peserta muballigh dan tidak ada dana dari sponsor atau donatur.

Di tempat yang sama, Sekretaris Panitia, Abror Lisman menyebut susunan materi dan narasumber sepenuhnya diserahkan ke PWM Sumbar.

Dalam sambutannya,Ketua PDM Pasbar,Thamrin menjelaskan tema Refreshing Muballigh ini adalah ‘Optimalisasi Potensi dan Sinergi Muballigh untuk Tabligh Berkemajuan’.

“Kita di Pasaman Barat banyak memiliki muballigh dan berpotensi, namun kelihatannya masih jalan sendiri-sendiri, tampil atas nama pribadi. Tapi yang atas nama persyarikatan masih kurang. Oleh karena itu perlu kita optimalkan dan sinergikan. Bentuklah persatuan Muballigh Muhammadiyah ini,” ujar Thamrin KN

Terpisah,Sekretaris PDM Pasbar Mizlanberharap dengan difasilitasi oleh TIM narasumber terbentuk hendaknya korp Muballigh Muhamadiyah Pasbar.

“Saya teringat tahun lalu tepatnya 21-23 Februari 2020 di tempat ini juga diadakan Pelatihan Muballigh Oleh Majelis Pendidikan Kader di dukung oleh Majelis Tabligh. Nah untuk penyegaran dan pengayaan 21 Februari 2021 tahun ini diangkat pula Refreshing Muballigh oleh Majelis Tablighdan didukung pula oleh Majelis Pendidikan Kader, mari kita terus bersinergi-bekerjasama untuk memajukan persyarikatan, memajukan ummat,” jelas Mizlan yang juga mantan direktur Bank Syariah MPS Simpang Empat itu.

Kegiatan Refreshing Muballigh Muhammadiyah Pasaman Barat ini mendapat apresiasi dari PWM Sumatera Barat. Buya Adrian Muis Chatib Sari Pado membagikan nuku kecil lembaran tulisannya dengan judul ‘Beberapa Alasan Memilih Muhammadiyah’.“Semoga dengan Refreshing Muballigh Ini, para Muballigh bisa bersatu, bergerak dan berjamaah untuk tabligh berkemajuan. InsyaAllah,” tuturnya. (mas)