1 Maret 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PRIMKOP KARTIKA WIRABRAJA GELAR RAT TUTUP BUKU TAHUN 2020, Danrem: Koperasi Sehat Tercipta dari Pengurus yang Jujur

PADANG, KP – Danrem 032 /Wirabraja, Brigjen TNI Arief Gajah Mada membuka secara langsung pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primer Koperasi (Primkop) Kartika Wirabraja Tutup Buku Tahun 2020 di Gedung Sapta Marga Korem 032/Wbr, Jl. Sudirman Nomor 29 Padang, Selasa (23/2).

Danrem menjelaskan bahwa pelaksanaan RAT merupakan bentuk laporan pertanggung jawaban dan laporan evaluasi kerja selama tahun 2020yang dilanjutkan dengan rencana kerja Primkop Kartika Wirabraja tahun 2021. Selain itu, kegiatan ini menjadi media strategis untuk mengetahui sejauh mana koperasi mampu memberikan manfaat bagi anggota beserta keluarganya melalui berbagai bidang usaha yang di jalankan.

“Sebagai perangkat organisasi koperasi, rapat anggota koperasi yang dilakukan dapat dijadikan wahana evaluasi atas segala keberhasilan maupun kekurangan tahun laluserta merancang seluruh kebijakan kedepan yang berorientasi kepada kehidupan koperasi yang lebih baik,” ucap Danrem.

Lebih lanjut Brigjen TNI Arief Gajah Mada jugamenjelaskan dalam rapat yangmengangkat tema ‘Optimalkan SHU Demi Kesejahteraan Anggota Inkop Kartika’ inidiharapkan dapat mewujudkan visi Primkop Kartika Wirabraja, yaitu membantu meningkatkan kesejahteraan prajurit dan PNS Korem 032/Wbr melalui kegiatan usaha dan sosial dengan memanfaatkan dan mengembangkan setiap peluang usaha yang dilandasi prinsip kebersamaan, kekeluargaan, kemandirian, serta mengutamakan kemakmuran anggota beserta keluarganya.

“Saya mengharapkan setiap anggota Primkop Kartika Wirabraja berperanaktif dengan menyampaikan secara jujur kekuranganatau kelemahan pada pelaksanaan tugas koperasi selama program kerja anggaran tahun 2020,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Danrem, keterbatasan SDM dalam membina dan mengelola koperasi masih menjadi permasalahan utama dalam Koperasi Primkop Kartika Wirabraja Makorem 032/Wbr.Untuk mewujudkan koperasi yang sehat, sebutnya, dibutuhkan pengurus koperasi yang jujur, adil, dan bertanggung jawab, serta mempunyai manajemen terbuka terhadap anggota koperasi.

Sementara, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Jamilus mewakili Kadis Perindagkop dan UMKM Kota Padang menjelaskan RATmerupakan agenda wajib dalam kepengurusan koperasikarena dalam rapat tersebut disampaikan pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada para anggota koperasi.

Usai memberikan sambutan, Danrem 032 /Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada menyerahkan beasiswa kepada tiga orang anak prajurit berprestasi, diantaranya Dinda Putri Hasanah Daulay anak dari Mayor Inf Hasanuddin Daulay, Alif Wirastya, anak dari Serma Mustaqim, dan May Puspita Sari anak dari Serda Subiyanto. Masing masing siswa berprestasi mendapatuang pembinaan pendidikan dari Koperasi Kartika Wirabraja.

Pelaksanaan RAT yang diikuti prajurit dan PNS Korem 032/Wbr tersebut diselingi dengan undian doorprize yang menambah semaraknya pelaksanaan RAT Tutup Buku Tahun 2020 yang telah menghasilkan beberapa kebijakan dan perbaikan untuk kemajuan koperasi kedepannya.(pen)