1 Maret 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tim Tamu Didukung Rekor Perkasa

ATALANTA, KP – Raksasa Spanyol, Real Madrid akan menantang tuan rumah Atalanta pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/2021 di Stadion Atletti Azzurri d’Italia, Kamis diniahri WIB nanti (25/2) mulai pukul 03.00 WIB.

Real Madrid melawat ke Atalanta bermodal empat kemenangan beruntun di semua ajang kompetisi. Lini pertahanan mereka juga sangat kuat dengan mencatatkan clean sheet dalam tiga pertandingan terakhir.

Los Blancos, yang menempati posisi kedua klasemen Liga Spanyol pada akhir pekan lagu baru saja memetik kemenangan 1-0 atas Real Valladolid. Real Madrid juga didukung keperkasaan lainnya. El Real selalu menang dalam lima pertandingan tandang melawan tim Italia di kompetisi Eropa. Mereka bahkan mencetak 12 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Namun, pelatih Zinedine Zidane justru sedang pusing. Ada delapan pemain senior yang cedera, sehingga terpaksa memanggil lima pemain junior untuk dibawa ke Italia. Yang paling membuat galau adalah kemungkinan absennya Karim Benzema. Dia merupakan ujung tombak Real Madrid musim ini dengan torehan 17 gol di semua kompetisi. Selain Benxema, oara pemain senior yang dibekap cedera itu termasuk kapten Sergio Ramos dan Eden Hazard.

Selain itu, sepak terjang Madrid musim ini juga tak selalu meyakinkan. Cadiz, Shakhtar Donetsk, Valencia, Deportivo Alaves, Athletic Bilbao, Alcoyano, dan Levante telah bergantian memaksa Madrid menelan kekalahan.

Dengan kondisi Madrid tak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya dan konsistensi mereka yang diragukan, maka Atalanta harus mampu memanfaatkan krisis lawannya ini untuk berusaha sebisa mungkin mengamankan hasil terbaik di Stadio Atleti Azzurri d’Italia.

Apalagi Atalanta juga punya modal yang bagus, selalu menang dalam tiga pertandingan terakhir. Yang terbaru, mereka mengalahkan tim tangguh Napoli 4-2.

Tak hanya itu, lini serang Atalanta sangat berbahaya. Dalam lima laga kandang terakhir, mereka berhasil menyarangkan minimal tiga gol dalam empat pertandingan. Artinya, kekuatan lini belakang Real Madrid akan mendapat ujian serius. 

Sehingga, tak salah jika La Dea optimis dapat memetik kemenangan pada laga kali ini. Faktor lain yang membuat Atalanta tak gentar adalah pengalaman musim lalu. Kala itu, mereka sukses menang 4-1 dan 4-3 atas Valencia yang juga berasal dari Spanyol pada babak 16 besar Liga Champions. Itu jadi memori indah yang dapat membakar motivasi Rafael Toloi cs.

Meskipun demikian, La Dea tak bisa jumawa. Madrid tidak datang dengan modal hampa. Seperti sudah disinggung tadi, Italia bukanlah ‘neraka’ bagi Los Blancos. Buktinya, lima lawatan terakhir ke sana selalu berbuah kemenangan. Empat di antara lima lawatan itu pun dihiasi dengan clean sheet. Jadi, andaipun menang, La Dea kemungkinan besar tak akan berpesta gol seperti tiga laga kandang sebelumnya.