19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bukan Sebatas Derby

MANCHESTER, KP – Bukan sebatas Derby. Itulah yang akan dilakoni dua klub raksasa, Manchester City dan Manchester United (MU). Kedua kesebelasan bertekad memetik kemenangan ketika bentrok dalam lanjutan kompetisi Premier League pekan ke-28 di Etihad Stadium, Minggu malam WIB (7/3) mulai pukul 23.30 WIB.

Ya, kemenangan menjadi sangat penting bagi kedua kesebelasan. Di kubu Man City, raihan poin penuh akan memperbesar peluang mereka meraih titel juara Premier League musim ini. Saat ini skuat asuhan Pep Guardiola memimpin klasemen dengan mengemas 65 poin dari 27 laga yang telah dilalui.

Mereka unggul jauh dari MU yang membuntuti di peringkat dua, yakni berjarak 14 poin. Kemenangan akan menjaga kans bahkan mempercepat asa The Citizens — julukan Man City — mengunci gelar juara. Sebab, tambahan tiga angka membuat kedua tim berjarak 17 poin.

Menyikapi hal tersebut, Guardiola menegaskan dirinya masih belum berani berbicara ihwal kans skuatnya meraih gelar juara. Namun tak bisa di pungkiri, kata juru taktik berkebangsaan Spanyol itu, kemenangan melawan MU membuat mereka berpeluang besar untuk mengembalikan trofi yang musim lalu direbut Liverpool.

“Saat ini Liverpool adalah juara bertahan. Betul, Manchester City punya kans untuk merebut gelar itu. Kami akan berusaha. Jadi, kami akan menaruh konsentrasi saat melawan Manchester United. Mereka masih punya 33 poin untuk diperjuangkan hingga akhir musim, termasuk pada laga kali ini,” kata Guardiola dilansir Sky Sport, Jumat (5/3).

Guardiola mengakui posisi Manchester City saat ini sangat bagus. Ia sendiri tidak menyangka bisa berada pada posisi puncak klasemen mengingat City sempat terseok-seok di awal musim.

Lain cerita dengan MU. Mereka dihadapkan pada dua pilihan. Menang atau tertendang. Saat ini skuat Ole Gunnar Solskjaer bercokol di urutan dua. Namun posisi itu belum aman. Sebab beberapa kesebelasan dibelakang merekamembuntuti dengan ketat. Sebut saja Leicester City di posisi tiga yang selisihnya hanya satu poin.

Tak ayal kemenangan wajib dipetik MU, apapun caranya. Selain menjaga posisi di peringkat kedua, raihan tiga poin turut memanaskan persaingan dengan The Citizens. Sebab kemenangan membuat jarak kedua kesebelasan terpangkas menjadi 11 poin. (ak/*)

PERKIRAAN FORMASI

MAN CITY (4-3-3): EDERSON; CANCELO, DIAS, STONES, WALKER; GUNDOGAN, RODRIGO, BRUYNE; FODEN, STERLING, BERNARDO

Pelatih: Pep Guardiola

MAN UNITED (4-2-3-1): HENDERSON; SHAW, MAGUIRE, LINDELOF, BISSAKA; FRED, TOMINAY; RASHFORD, BRUNO, JAMES; CAVANI

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

PERTEMUAN KEDUA KLUB

08/03/2020*Manchester United*2 – 0*Manchester City

13/12/2020*Manchester United*0 – 0*Manchester City

07/01/2021*Manchester United*0 – 2*Manchester City