19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Gempa Guncang Mentawai, Getarannya Terasa Hingga ke Payakumbuh

PADANG, KP – Gempa bumi dengan magnitudo 5,8 terjadi di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jumat siang (5/3). Gempa tersebut tidak berpotensi menyebabkan gelombang tsunami.

Berdasarkan info dari BMKG, gempa terjadi pada pukul 14.32 WIB dengan pusat gempa berada pada kedalaman 24 kilometer di koordinat 1.76 LS-14 BT atau 54 kilometer barat laut Kepulauan Mentawai.

Getaran gempa juga dirasakan cukup kuat di Kota Padang.Sebagian warga Padang merasakan getaran gempa dengan durasi sekitar lima detik. Getaran gempa dirasakan seperti gerakan horizontal atau berayun.

Getaran gempa juga terasa kuat di wilayah Pesisir Selatan dan Pariaman. Getaran dengan skala berbeda dirasakan di Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Padangpanjang, dan Payakumbuh. Di wilayah itu getaran dirasakan dengan skala II sampai III MMI atau membuat benda yang tergantung menjadi bergoyang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Novriadi mengatakan situasi pasca gempa sudah kondusif. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan maupun korban luka dan jiwa dari peristiwa ini.

Ia membenarkan gempa sangat dirasakan kuat oleh masyarakat Mentawai, terutama di daerah Sipora Barat Daya, Selatan, dan Utara. Menurutnya, pasca-gempa tidak ada masyarakat yang mengungsi. (lgm)