100 Pelajar SLTA se-Agam Barat Ikuti Pesantren Ramadan

LUBUKBASUNG, KP – Bupati Agam diwakili Asisten I Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik, Rahmanmembuka secara resmi kegiatan Pesantren Ramadan 1442 H/2021 M tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Agam wilayah barat, Kamis (15/4), di Masjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung. Pesantren Ramadan yang diikuti 100 pelajar utusan SMA/SMK itu berlangsung hingga 6 Mei 2021.

Dalam sambutannya, Rahman menyerukan agar peserta Pesantren Ramadan mengikuti segala rangkaian kegiatan dengan khidmat, bersungguh-sungguh, dan bertekad mengubah sikap ke arah yang lebih baik. Menurutnya, generasi muda saat ini berada di bawah gempuran kemajuan teknologi. Sehingga,perlu berbagai pembinaandalam rangka membangun karakteristik mereka sebagai genrasi Islami yang cinta Alquran, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Agam yang madani.

Pada kesempatan itu, Pemkab Agam juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh unsur yang telah terlibat dalam pelaksanaan Pesantren Ramadan tahun ini. Antara lain Dinas Pendidikan Sumbar, LPPM Sumbar Cabang Agam, dan seluruh panitia.

Sementara, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah I Dinas Pendidikan Sumbar, Mardison diwakili Kepala SMAN 1 Lubuk Basung, Mustafa Kamil menyebut generasi muda merupakan generasi yang mempunyai peran strategis dalam suatu bangsa.”Jika ingin menghancurkan suatu bangsa, rusaklah generasi mudanya. Untuk itu, kita harus mengantisipasi hal tersebut. Pesantren Ramadan ini adalah salah satunya,” ungkap Mustafa Kamil.

Ia berharap ke depannya seluruh pelajar di Agam bisa ikut dalam kegiatan pesantren Ramadan tersebut.

Di tempat yang sama, Pembina Lembaga Pembinaan Pendidikan Madani (LPPM) Sumbar Cabang Kabupaten Agam sekaligus pengawas pelaksanaan Pesantren Ramadan, Dedi Effendi menuturkan pihaknya berkomitmen menyokong pemerintah daerah dalam menciptakan masyarakat berprestasi yang madani.

“Insya Allah ada tindak lanjut setelah ini, seperti kajian rutin yang membahas akidah, fikih, ibadah, adat istiadat Minangkabau, dan materi yang membangkitkan rasa cinta tanah air,” sebutnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya sangat mengharapkan sokongan dari banyak pihak, seperti alim ulama, ninik mamak, cadiak pandai, dan pemerintah daerah. (rzk)

Next Post

Jejak Doni Monardo Merawat Benteng Alami Gempabumi dan Tsunami di Pantai Kata Pariaman

Kam Apr 15 , 2021
PARIAMAN, KP – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen […]