Antisipasi Kebutuhan Lebaran, BI Sumbar Siapkan Rp7,1 Triliun Uang Pecahan

PADANG, KP – Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat akan uang baru pada saat Hari Raya Idulfitri, Bank Indonesia sudah menyiapkan uang pecahan yang biasa ditukar masyarakat sebesar Rp7,1 Triliun.Jumlah tersebut terdiri dari Rp6,5 miliar pecahan Rp20 ribu ke bawah dan Rp6,5 triliun untuk uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Wahyu Purnama, mengatakanmasyarakat dapat melakukan penukaran di bank-bank terdekat. Sebab, pada tahun ini BI tidak melakukan penukaran secara langsung. Untuk memastikan proses penukaran uang tersebut, Bank Indonesia Perwakilan Sumbar akan melakukan pengawasan secara sampling serta melakukan monitoring.

Terkait Uang Pecahan Kemerdekaan (UPK) dengan nominal Rp75 ribu, Wahyu mengatakan masyarakat dapat melakukan penukaran di bank-bank maupun langsung ke Bank Indonesia Perwakilan Sumbar.

Ia menerangkan UPK Rp75 ribu yang dikeluarkan pada 17 Agustus 2020 merupakan alat pembayaran yang sah. Untuk itu, masyarakat bisa mendapatkannya di Bank Indonesia dengan syarat membawa KTP dan penukaran dapat dilakukan hingga 100 lembar.

“Bank Indonesia Perwakilan Sumbar mempunyai 1,1 juta lembar UPK dari total 75 juta lembar yang diterbitkan secara nasional.Dari jumlah tersebut, Bank Indonesia Sumbar sudah mendistribusikan separuhnya, kita menargetkan satu bulan ke depan sudah mendistribusikan seluruh UPK kepada masyarakat,” ujarnya kemarin. (ip)

Next Post

Pelaku Usaha Dituntut Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi

Rab Apr 28 , 2021
PADANG, KP – Pandemi covid-19 jangan dijadikan alasan untuk melemahkan […]