Bupati Suhatri Bur : Jaminan Kecelakaan Pekerja Perlu Diperjuangkan

PARITMALINTANG, KP – Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur menyatakan, keselamatan kerja dan jaminan kecelakaan kerja sangat dibutuhkan para pekerja dan perlu diperjuangkan. “Karena setiap pekerjaan memiliki risiko kerja, makanya diperlukan tanggungan kepada pelaku kerja,” kata Bupati Suhatri Bur saat melakukan pertemuan dengan BPJS Pariaman, Senin (19/4).   

Dikatakannya, risiko kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja. Untuk itu kesadaran mengenai keselamatan dan kesehatan kerja menjadi sangat diperlukan, karena telah ada Undang-Undang yang mengatur mengenai keselamatan dan kesehatan kerja.

‚ÄúSiapa sih yang mau celaka, tentunya tidak ada seorang pun yang mau celaka. Tetapi risiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di lingkungan tempat kerja. Nah, keselamatan dan kesehatan kerja sangat penting,” ulasnya.

Atas dasar itulah ia sekarang menerima audiensi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pariaman M Yasir, karena keselamatan kerja dan jaminan kecelakaan kerja sangat dibutuhkan di zaman sekarang. “Para pekerja perlu kita perjuangkan, karena setiap pekerjaan punya risiko kerja. Makanya kita Pemkab Padangpariaman menerima audensi BPJS Ketenagakerjaan Pariaman ini,” ungkapnya. 

Lebih jauh dikatakannya, jaminan ketenagakerjaan itu meliputi empat macam, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian. Jaminan sosial jelasnya, sangat penting untuk melindungi tenaga kerja. Di mana jaminan sosial tersebut sebagai bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat Indonesia agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.

“Sesuai Undang-undang nomor 24 tahun 2011 terhitung 1 Juli 2015 wajib menjalankan asuransi ketenagakerjaan. Ia bersama jajaran akan mensosialisasikan kepada seluruh perusahaan yang ada di wilayah Padangpariaman,” tukasnya. (war)

Next Post

Lagi, Polres Limapuluh Kota Tangkap 4 Tersangka Narkoba

Sel Apr 20 , 2021
LIMAPULUH KOTA, KP – Empat tersangka penyalahgunaan narkoba dibekuk Tim Kepolisian […]