CIPTAKAN SDM BERKUALITAS, Komisi V DPRD Sumbar: Kapasitas Penyelenggaraan Pendidikan SMA/SMK Harus Ditingkatkan

PENDIDIKAN merupakan unsur strategis dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitasdi masa depan. SDM tersebut akan memberikan kontribusi dalam pembangunan tingkat daerah maupun nasional. Untuk mengoptimalkan sektor ini,Komisi V DPRD Sumbar merekomendasikan sejumlah hal agar bisa didalami bersama pemerintah provinsi (pemprov).

Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Yusuf Abid saat dihubungi KORAN PADANG, Minggu(18/4) di Padang mengatakan, urusan pendidikan adalah sektor prioritas dalam mencetak generasi berkualitas, untuk itu perlu peningkatan kapasitas penyelenggaraan pendidikan SMA dan SMK.

“Peningkatan kapasitas meliputi sejumlah aspek, yaitu penambahan Ruang Kelas Baru (RKB), penambahan sekolah baru, terutama pada daerah-daerah terpencil,” katanya.

Dia menilai, kurikulum pendidikan SMAperlu dievaluasi untuk menciptakan lulusanberkualitas dan mampu bersaing dengan siswa daerah lain, sehingga mereka dapat diterima di perguruan tinggi favorit.

“Sedangkan untuk kurikulum SMK perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan dunia usaha,” tambahnya.

Selanjutnya, pemerintah daerah perlu meningkatkan komitmennya untuk menuntaskan penyelenggaraan pendidikan berkarakter, dengan mengalokasi anggaran yang mencukupi.

Dia mengingatkan, perlu pembenahan sistem dan SDM yang terlibat dalam penyelenggaraan PSBB Online, sehingga dapat mewujudkan penerimaan siswa baru yang transparan dan akuntabel.

Dia menambahkan, program beasiswa yang bersumber dari hibah PT. Rajawali perludievaluasi kembali, baik terhadap persyaratan maupun terhadap besaran bantuan beasiswa agar program beasiswa ini betul-betul dapat dimaksimalkan manfaatnya.

“Pemerintah Daerah perlu menyusunan sistem dan kurikulum pendidikan sistem dalam jaringan (daring) denganmenyiapkan sarana dan SDM tenaga pendidikan yang memahami dan mampu melaksanakan pendidikan dengan sistem daring,” katanya.

Sementara anggota Komisi V DPRD Sumbar, Sitti Izati Azis mengatakan, pengembangan SDM adalah proses panjangyang meliputi berbagai bidang kehidupan, terutama dilakukan melalui pendidikan.

Dia mengatakan, dilihat dari sudut pandang ekonomi, peningkatan kualitas SDM lebih ditekankan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan serta teknologi. Dari sejumlah kriteria tentunya akan memenuhi kebutuhn dunia kerja. “Dengan SDM berkualitas akan meningkatkanefisiensi dan efektivitas dalam proses produksi dalam mempertahankan keseimbangan ekonomi,”pungkasnya. (*)

Muchlis Yusuf Abit, ST, MM (Ketua)

Donizar (Wakil Ketua)

H. Maigus Nasir, S. Pd (sekretaris)

Drs. H. Syafruddin Putra Dt. Sunggono, M. Si (Anggota)

Khairudin Simanjuntak, S.Pt, MP (Anggota)

  • Gustami Hidayat, S. Pt, MP (Anggota)

H. Ismet Amzis, SH (Anggota)

H. Nofrizon, S.Sos (Anggota)

Kobal (anggota)

H. Ahmad Rius, Dt. Mantari Ameh, SH (Anggota)

Dra. Hj. Sitti Izzati Azis (Anggota)

H. Daswipetra, SE, M, Si Dt. Manjinjiang Alam (Anggota)

Next Post

Bupati dan DPRD Tanahdatar Sepakati Ranwal RPJMD 2021-2026

Ming Apr 18 , 2021
BATUSANGKAR, KP – Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah […]