Empat Rumah di Pasbar Ludes Terbakar

SIMPANG EMPAT, KP – Sebanyak empat rumah di Jorong Pasar Lama, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat terbakar, Minggu malam (25/4) sekitar pukul 19.30 WIB. Diduga sumber api bersal dari korsleting listrik di salah satu rumah warga yang terbakar tersebut.

Ketua Badan Permusyawarahan (Bamus) Nagari Ujung Gading, Ahmad Syahrin mengatakanempat rumah yang terbakar itu rata dengan tanah. Menurutnya, rumah yang terbakar itu milik Basri (65 tahun), Yasri (67 tahun), Gufri (60 tahun), dan Nurni (45 tahun).

“Yang terbakar ini dua rumah semi permanen dan dua rumah. Salah satu bangunan yang terbakar itu adalah warnet,” jelasnya.

Sementara, Bhabinkamtibmas Polsek Lembah Melintang, Bripka Riski Amalia didampingi Babinsa Komando Rayon Militer (Koramil) Pelda Firman mengatakan api diduga berasal dari rumah warga yang bernama Gufri (65 tahun) akibat hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

“Rumah di lokasi kebakaran ini sangat rapat sehingga api begitu cepat membesar dan menghanguskan rumah yang ada di sekitarnya,” kata Riski.

Ia menyampaikan, rumah warga yang terbakar sebagian besar terbuat dari kayu sehingga mudah dilahap ‘si jago merah’.

“Kerugian materi kami taksir mencapai Rp1,5 miliar. Namun bersyukur penghuni rumah bisa diselamatkan, akan tetapi isi rumah habis menjadi abu,” jelasnya.

Ia menambahkan keluarga korban kebakaran saat ini telah mengungsi ke rumah kerabatnya.

Terpisah, Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Pasaman Barat, Abdi Surya mengatakan pihaknya

menyerahkan proses penyelidikan penyebab pasti kebakaran kepada pihak kepolisian. Ia meminta masyarakat lebih waspada dari ancaman kebakaran rumah, khususnya selama Ramadan. Misalnya saat meningggalkan rumah untuk pergi beribadah Salat Tarawih, pastikan setop kontak listrik sudah dicabut dan sumber-sumber lain yang bisa memicu api, seperti kompor harus diperhatikan sudah padam.

Ia juga meminta masyarakat mengawasi anak-anak dalam bermain mercon atau petasan, lilin, termasuk proses membakar sampah di sekitar rumah. (rom)

Next Post

Doa dan Usaha

Sen Apr 26 , 2021
DIsaat Ramadan masih bersama kita, sangat pantas rasanya doa ‘tolak […]