KABAR GEMBIRA BUAT PNS, Pemerintah Percepat Pencairan THR

JAKARTA, KP – Kabar gembira buat PNS di mana saja berada! Pemerintah memastikan akan menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNSsecara penuh, setelah tahun lalu dipangkas karena adanya pandemi covid-19. Tak hanya itu, pemerintah juga mempercepat pencairan THR, yaitu 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, tahun-tahun sebelumnya THR PNS cair H-7 lebaran.

“Pak Menko Perekonomian (Airlangga) sudah menyampaikan pada Menteri Keuanganuntuk bisa dibayarkan H-10,” kata Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (18/4).

Adapun komponen THR yang diterima para abdi negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatanatau tunjangan umum, hingga tunjangan kinerja. THR yang diberikan juga tidak akan dipotong pajak. Dengan kata lain, pajak THR PNS akan sepenuhnya ditanggung pemerintah.

Dengan memberikan THR lebih cepat, pemerintah berharap terjadi daya beli yang lebih baik. Di mana, saat ini daya beli masih lemah akibat pandemi covid-19.

“Sehingga kira-kira 10 hari terakhir sebelum Ramadan, baik ASN maupun karyawan swasta, mempunyai daya beli dan diharapkan berbelanja,” kata Susiwijono.

Tak hanya dengan memberikan THR saja, pemerintah juga menyusun berbagai program di bulan Ramadan ini untuk mengerek daya beli ke atas. Salah satunya program hari belanja online nasional (harbolnas) yang akan diselenggarakan sepekan menjelang Lebaran. Dengan adanya kegiatan itu diharapkan masyarakat akan menggunakan THR untuk berbelanja sehingga terjadi konsumsi. Konsumsi ini tentunya akan membantu pertumbuhan ekonomi di kuartal II. (cnbc)

Next Post

Duel Merah-Putih

Ming Apr 18 , 2021
LEEDS, KP – Juara bertahan Liga Inggris, Liverpool bakal menantang […]