Kemenag Padang Giatkan 10 Program Syi’ar Ramadan

PADANG, KP – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, H. Marjanis benar-benar serius dalam mensyi’arkan kegiatan Ramadan melalui 10 program yang dicanangkan diawal Ramadan dan digiatkan secara maksimal selama bulan suci yang penuh berkah ini.

H. Marjanis mengatakan 10 program tersebut bertujuan untuk mensyi’arkan dan menghidupkan ruh Ramadan, motivasi ibadah, dan memaknai puasa lebih luas, di mana secara vertikal menguatkan hubungan dengan Allah SWT dan secara horizontal menguatkan ukhuwah islamiyah serta berbagi dengan sesama, terutama fakir dan yatim.

“Pelaksanaan 10 program ini dilakukan sistematis,optimal, dan profesional karena pihak emenag selalu memonitor, memantau, mengevaluasi, dan meminta laporan dari masing-masing satker dan organisasi yang berada dilingkungan Kemenag Kota Padang,” ungkap Marjanis, Kamis (29/4).

Adapun 10 program Syiar Ramadan itu adalah Ramadhan Berkah yang diaplikasikan dalam bentuk gemar berinfaq, zakat, hibah dan sedekah untuk kaum duafa serta anak yatim; Tadarus Alquran online sebanyak 54 group di mana 1 group terdiri dari 30 orang.

“Jika satu orang membaca Alquran 1 juz setiap hari maka setiap group bisa khatam Alquran 1 kali. Dan jika dijumlahkan dalam sehari, maka keluarga besar Kemenag Kota Padang mengkhatamkan Alquran 54 kali dan di akhir Ramadhan akan khatam sebanyak 1.620 kali,” kata Marjanis.

Berikutnya, Gerakan Jumat Berkah melalui Dharmawanita Kemenag Kota Padang dengan menggiatkan infaq dan sedekah; siswa dan penyuluh agama menyapa masjid; ASN kemenag giat kultum dan salat berjemaah di setiap satker; Yatim dan Fakir Tersenyum; dan giat penyuluhan dan pelaksanaan kesehatan. Selanjutnya,membentuk karakter siswa berakhlak karimah melalui Pesantren Ramadan; penyuluhan usaha penurunan stunting; dan terakhir pengumpulan zakat fitrah. (ak)

Next Post

Elly Thrisyanti Bantu Tiga Betor untuk Pampangan Nan XX

Kam Apr 29 , 2021
PADANG,KP -Kelurahan Pampangan Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang […]