Kompol Russirwan Jabat Wakapolres Limapuluh Kota

LIMAPULUH KOTA, KP – Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso memimpin langsung upacara serah terima jabatan (sertijab) Waka Polres Limapuluh Kota Kompol Russirwan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Sumda di Polres Payakumbuh. Sertijab yang berlangsung di halaman Mapolres Limapuluh Kota, Rabu (7/4) itu, selain dihadiri para perwira dan Kapolsek di jajaran Polres setempat, juga hadir para undangan lainnya.

Kapolres AKBP Trisno Eko Santoso dalam pidatonya mengatakan, mutasi pada organisasi Polri adalah hal biasa dan sebagai penyegaran karir bagi anggota serta untuk dinamisasi Polri. “Pangkat dan jabatan tidak didapat begitu saja, namun butuh kerja keras, loyalitas dan dedikasi tinggi kepada organisasi,” ujarnya.

Menurutnya, kehadiran Kompol Russirwan sebagai Wakapolres diharapkan mampu meningkatkan kualitas kinerja, baik secara pembinaan maupun operasional. “Kehadiran Kompol Rusirwan diharapkan bisa dan mampu membangkitkan semangat baru, bisa mendorong dan memotivasi personel untuk bekerja lebih baik lagi dan berkualitas. Hal ini tentunya dalam mendukung program prioritas Kapolri yang presisi, yakni prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan,” tuturnya.

Sementara itu, Kompol Russirwan dalam pidato singkatnya menyampaikan terima kasih kepada Kapolres dan semua jajaran Polres Limapuluh Kota atas berlangsungnya kegiatan sertijab Wakapolres Limapuluh Kota yang kini dijabatnya. “Mohon bimbingan dalam melaksanakan tugas ini. Kepada jajaran Polres Limapuluh Kota diharapkan memberikan bantuan kerjasama untuk kesuksesan kinerja sesuai arahan dari Kapolri,” ungkapnya.

DEKAT DENGAN SEMUA PIHAK

Bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, sosok Kompol Russirwan adalah figur polisi yang dekat dengan banyak pihak, termasuk kalangan wartawan yang bertugas di kedua daerah tersebut. Itulah sebabnya ketika beredar kabar Kompol Russirwan diberi amanah menjabat Wakapolres Limapuluh Kota, puluhan karangan bunga ucapan selamat berdatangan dari para kerabat, andai tolan dan instansi pemerintahan, berjejer menghiasi halaman Mapolres Limapuluh Kota yang berada di Jalan Raya Sumbar-Riau kawasan Ketinggian, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Di mata masyarakat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, sosok perwira menengah dengan pangkat satu bunga melati itu, dikenal sebagai anggota kepolisian yang suka bergaul, tegas dan humanis. Sebelum diberi amanah menjadi orang nomor dua di Polres Limapuluh Kota, berbagai jabatan pernah ditempati Russirwan. Karirnya terbilang cukup cemerlang di kepolisian. Sudah banyak jabatan yang dipegang Kompol Russirwan sejak naik pangkat jadi perwira pertama pada 2003 lalu.

Pernah sebagai kepala unit, kepala satuan, kepala Polsek, jabatan strategis di Mapolda Sumbar hingga pejabat penting di Mapolres. “Pangkat Inspektur Dua (Ipda) pada 2003 lalu. Jabatan pertama sebagai perwira, yakni sebagai Kepala Sentral Pelayanan (SPK) di Polres Limapuluh Kota hingga 2004,” ungkapnya.

Pada Januari 2004, Kompol Russirwan pindah tugas ke Polsek Harau sebagai Kanit Reserse Kriminal. Sekitar 10 bulan bertugas di sana, dirinya ditarik lagi ke Mapolres Limapuluh Kota di Satuan Reserse Kriminal sebagai Kanit II Reskrim. Setahun di sana, pada Oktober 2005, Kompol Russirwan pindah tugas lagi ke Polres daerah tetangga, Polres Payakumbuh. Pria yang akrab disapa Ayah itu ditempatkan di Polsekta Payakumbuh masih sebagai Kanit Reskrim. Di Polsekta Payakumbuh Kompol Russirwan saat itu naik pangkat ke Inspektur Satu (Iptu) pada Juli 2006.

Dua tahun bertugas di Polsekta Payakumbuh, sekitar Maret 2007 Kompol Russirwan ditarik ke Mapolres Payakumbuh di Satuan Lalulintas sebagai Kanit Regident. Sekitar 7 bulan jabatan Kanit Regident, kemudian pindah dengan jabatan baru sebagai Pjs Kepala Satuan Lalulintas Polres Payakumbuh. Pada Oktober 2008, Kompol Russirwan pindah lagi sebagai Kapolsek Luak. Saat masih bertugas Polsek Luak, Kompol Russirwan naik pangkat ke Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Sekitar 2 tahun di Polsek Luak, pada Februari 2010 Kompol Russirwan ditarik ke Mapolda Sumbar. Di sana Kompol Russirwan dengan pangkat AKP saat itu mendapatkan job sebagai Panit I Dir Narkoba Polda Sumbar. 7 bulan kemudian, September 2010 Kompol Russirwan ditugaskan ke Polres Limapuluh Kota sebagai Kapolsek Harau. Setahun di sana, pada Oktober 2011 Kompol Russirwan ditarik ke Mapolres sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal.

Dua tahun sebagai Kasatreskrim Polres Limapuluh Kota, pada Desember 2013 Kompol Russirwan pindah ke Mapolres Payakumbuh sebagai Kepala Satuan Reserse Narkoba. Dua tahun kemudian, pada Agustus 2015 Kompol Russirwan pindah ke Polsekta Payakumbuh. Saat dinas di sana, untuk kedua kalinya ia mendapatkan kenaikan pangkat di Polsekta Payakumbuh, yaitu dari Ipda ke Iptu dan pada Juli 2016 dari AKP ke Kompol.

Tiga tahun sebagai Kapolsekta Payakumbuh, pada Juni 2018, Kompol Russirwan ditarik lagi ke Mapolda Sumbar sebagai Kanit I di Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumbar. Setahun di Mapolda Sumbar, Kompol Russirwan ditugaskan lagi ke Mapolres Payakumbuh sebagai Kabag Sumda pada Mei 2019. Menjelang genap 2 tahun sebagai Kabag Sumda, akhir Maret 2021 Kompol Russirwan dipercaya menjabat Waka Polres Limapuluh Kota. (dst)

Next Post

Sekda Rida Ananda: Jangan Biarkan Meja Pelayanan Kosong

Kam Apr 8 , 2021
PAYAKUMBUH, KP – “Jangan biarkan warga menunggu lama, berikan servis […]