Mari Mencintai Kerajinan Sumbar

KERAJINAN Sumbar sudah populer sejak lama. Misalnya saja bordir, songket, hingga batik yang hampir setiap daerah di Sumbar punya motif dengan ciri khas menawan. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang dimotori Ibu-ibu kepala daerah juga terus mempromosikan produk kerajinan ini pada setiap tamu yang berkunjung ke Sumbar.

Di masa kepemimpinan Hj. Harneli Mahyeldi, kita berharap Dekranasda semakin membanggakan perkembangannya. Mulai dari memperomosikan produk kerajinan daerah ini pada setiap tamu yang datang hingga proaktif dalam pemasarannya. Jika Jogjaterkenal dengan Malioboronya atau Solo dengan pasar batiknya, kita pun ingin di Sumbar muncul lokasi yang identik dengan produk kerajinan.

Selain itu, galerikhusus yang menampilkan lengkap produk kerajinan Sumbar mungkin sudah saatnya dibangun di Kota Padang. Sebab, sebagai ibukota provinsi, Padang sangat strategis. Bisa saja nanti dibangun di kantor lama Balaikota Padang. Atau bangunan lainnyaseperti kawasan ‘kota tua’ di Muaro?

Kita berharap Dekranasda Sumbar tampil sebagai motor penggeraknya. Yang lebih penting lagi, Dekranasda Sumbar menjalin kerjasama dengan biro perjalanan yang ada di daerah ini. Hanya dengan gerak dinamis, semua harapan bisa jadi kenyataan. Dalam hal ini, Dekranasda harus ‘jemput bola’. Bukan menunggu. Semua momen penting yang ada di Sumbar, Dekranasda wajib berada di barisan paling depan. Bahkan, Dekranasda Sumbar bisa saja bekerjasama dengan maskapai penerbangan nasional maupun internasional untuk menjadikan pakaian khas Sumbar sebagai seragam bagi pramugari pada hari-hari tertentu.

Insya Allah, dengan kepemimpinan Hj. Harneli, Dekranasda Sumbar bangkit dan tampil membanggakan. Semuanya bisa dicapai. Yang penting kemauan. Apalagi kepemimpinan Gubernur Mahyeldi sangat terbuka dengan beragam usaha yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat. Tentu kita sepakat untuk sama-sama mendorong usaha kerakyatan bergerak makin produktif dan tampil membanggakan. *

Next Post

PERINGATI HARI KARTINI, Pelayanan KB Serentak Digelar di Tiga Lokasi di Bukittinggi

Kam Apr 22 , 2021
BUKITTINGGI, KP – Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2021, […]