MUI Agam Ajak Masyarakat Mengisi Ramadan dengan Meningkatkan Ibadah

LUBUKBASUNG, KP – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Agam mengajak masyarakat di daerah setempat untuk mengisi bulan suci Ramadan 1442 H dengan meningkatkan ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Ketua Harian MUI Agam, Alwisral Imam Zaidallah menuturkan, Ramadan merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan. Salah satunya merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan iman dan ketakwaan. “Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini sesuai hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya sungguh telah datang kepada kalian bulan penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian,” ujarnya, Senin (12/4).

Lebih lanjut dijelaskannya, di samping keutamaan-keutamaan puasa, pada bulan Ramadan Allah SWT juga menjanjikan pahala berlipat untuk ibadah atau perbuatan baik lainnya. Bagi mereka yang meninggalkan puasa karena suatu alasan yang dibenarkan, Allah SWT mewajibkan menggantinya di waktu lain, sedangkan bagi mereka yang tidak mampu melaksanakan puasa mereka wajib membayar fidyah. “Bagi mereka yang sengaja tidak melaksanakan puasa tanpa suatu alasan yang dibenarkan akan mendapat dosa,” jelasnya.

Kepada generasi muda, Alwisral mengajak untuk tidak melakukan hura-hara dan keributan baik siang maupun di malam harinya. Remaja diminta fokus menjalankan ibadah puasa dan ibadah wajib lainnya. “Isilah dengan hal positif, tingkatkan ibadah, jangan berkerumunan atau menyalakan petasan,” ajaknya.

Ditambahkannya, mengingat pandemi Covid-19 masih merebak, pihaknya mengajak masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. “Tetap patuhi protokol kesehatan ketika menjalankan ibadah di masjid, agar ibadah kita bisa lebih aman dan khusyuk,” tutupnya. (rzk)

Next Post

Selama Ramadan, Distan Agam Sediakan Bibit Tanaman Untuk Masyarakat

Sen Apr 12 , 2021
LUBUKBASUNG, KP – Dinas Pertanian Kabupaten Agam sediakan berbagai jenis […]