Sambut Bulan Ramadan, Masyarakat Nagari Pianggu Gelar Goro Bersama

SOLOK, KP – Satu Minggu menjelang memasuki bulan ramadan 1442 H, masyarakat Guguak Skuniang, Nagari Puanggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, menggelar Bakti Gontong Royong Masyarakat (BGRM) dengan melakukan pem­ber­sihan lingkungan. Kegiatan tersebut melibatkan semua elemen masyarakat, setidaknya diikuti sekitar 200 orang dengan lokasi goro tersebar di kenagrian tersebut, Rabu ( 7/4).

Acara itu juga dihadiri hampir seluruh masyarakat setempat termasuk kaum hawa. Selain itu tampak hadir pengurus BMN Nagari Pianggu, para ninik mamak beserta bundo kanduang nagari setempat. Menurut Bundo Kanduang Nagari Puanggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Salmi Hayati, masalah goro memang sudah membudaya di masyarakat Pianggu, terutama menjelang memasuki bulan suci seperti ramadan. 

“Sasaran dari goro masal ini adalah membersihkan jalan lingkungan sekitar nagari, membersihkan rumah iba­dah mas­jid dan musalla, tempat pengajian anak-anak, pembuatan pagar agar terlihat lingkungan tertata rapi dan lainnya,” jelasnya.

Disebutkannya, keasrian dan kenyamanan lingkungan me­ru­pakan tanggung jawab ber­sama warga masyarakat, setidaknya nagari akan terlihat rapi dan lingkungan bersih. Melalui goro masal itu kata dia, akan dapat meningkatkan tali silaturahmi bagi masyarakat sekitar dan bisa saling memaafkan memasuki bulan suci. “Goro juga akan berdam­pak positif terhadap pem­ba­ngu­­­nan nagari, setidaknya me­ning­katkan kepe­dulian ma­sya­ra­kat terhadap potensi da­lam nagari untuk bisa dikem­bang­kan serta rasa memiliki yang tinggi bisa diciptakan,” ulasnya.

Sementara Walinagari Pianggu, Safri Firdaus mengatakan, selama bulan suci ramadan rencananya Nagari Pianggu  juga akan diisi berbagai kegiatan yang bernafaskan islam, antara lain Musabaqah Tilawatil Quran dalam rangka memotivasi para generasi muda mencintai pendidikan agama melalui TPA/TPSA dan MDA di nagari. “Yang jelas kita mengimbau masyarakat memanfaatkan bulan puasa untuk meningkatkan ibadah kepada Allah,” ujarnya.

Disebutkannya, sebelumnya pada Minggi lalu masyarakat Nagari Jawi-Jawi Guguk juga mengelar goro bersama membersihkan lingkungan dan tempat ibadah. Acara tersebut juga dihadiri walinagari setempat, Laswir Malin Puih dan tokoh masyarakat sekitarnya. Goro juga dilakukan warga Koto Gaek Guguak untuk membersihkan jalan dan tempat ibadah. “Kegiatan ini rutin kita gelar terutama saat akan memasuki bulan suci Ramadan,” tandasnya. (wan)

Next Post

Bupati Andri Warman Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Fotografi dan Video Pesona Pariwisata Agam

Rab Apr 7 , 2021
LUBUKBASUNG, KP – Bupati Agam Andri Warman, menyerahkan hadiah bagi […]