WAKIL PRESIDEN RI MA’ARUF AMIN RESMIKAN PASAR RAKYAT PARIAMAN- Walikota Pariaman Usulkan Tiga Pembangunan

PASAR Rakyat Kota Pariaman sebagai bagian dari program lintas kementerian antar Kementerian Perdagangan, Kementerian PUPR dan Kementerian Koperasi dan UKM dalam program nasional revitalisasi pasar rakyat di seluruh Indonesia.

“Pemerintah memiliki komitmen terus melakukan pembangunan dan revitalisasi untuk memberikan akses bagi para pedagang terutama kalangan UMKM,“ sebut Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’aruf Amin dalam pidatonya sebelum meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman, Selasa (6/4).

Wapres RI mengatakan, revitalisasi tidak melulu soal pembangunan fisik, namun juga meliputi revitalisasi manajemen, sosial dan ekonomi. Namun, Pasar Rakyat Pariaman juga harus mampu menjadi pasar yang sehat, bersih, aman dan tertata, agar mampu bersaing dengan pasar-pasar lainnya.“Inti dari semua aktifitas ini bermuara pada revitalisasi ekonomi untuk meningkatkan pendapatan para pedagang,“ jelasnya.

Selain  itu, revitalisasi budaya diperlukan untuk menciptakan lingkungan pasar yang berdampak positif serta dapat meningkatkan dinamika dan kehidupan sosial masyarakat.

“Mengingat pasar merupakan tempat dengan interaksi dan mobilitas tinggi, maka dari itu kita mendorong agar pemerintah aktif mensosialisasikan serta melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada para pedagang pasar sebagai target penerima vaksinasi,” tambah Wapres RI.

Mantan Ketua MUI Pusat itu juga menyebut para ulama sudah menyatakan, vaksinasi dan menggunakan masker di tengah wabah itu merupakan suatu kewajiban, dalam artian itu tidak bisa tercapai kalau tidak semua di vaksin, mencegah dan menjaga diri sendiri maupun oranglain dari bahaya itulah yang menjadi kewajiban.

Lebih lanjutWapres RI mengatakan, para pelaku UMKM harus dipastikan menjadi pengisi setidaknya 360 unit kios di pasar ini, dan mengajak masyarakat Kota Pariaman dan sekitarnya memanfaatkan peran pasar ini secara optimal.

“Berbelanjalah di Pasar Pariaman, para pedagang dan pembeli berinteraksi disini, dan dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan dan menjaga keasrian dan kebersihan pasar,“ seru Wapres mengajak.

Disamping itu, Pasar Rakyat Kota Pariaman berada di lokasi strategis dimana dekat dengan kawasan Pantai Gandoriah yang merupakan destinasi wisata favorit. “Saya menilai Pasar Rakyat Pariaman berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata belanja khususnya untuk produk khas daerah dan wisata kuliner,” pungkasnya.

Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar menyampaikan, bahwa suatu kebanggaan bagi masyarakat Kota Pariaman karena Pasar Rakyat Kota Pariaman bisa diresmikan langsung oleh orang nomor dua di Indonesia ini yakni Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Genius Umar mengatakan, Pasar Pariaman ini adalah pasar yang dibangun pada tahun 1980-an, namun karena gempa bumi pada tahun 2019 belum pernah diperbaiki. “Dengan kondisi pasar yang tidak kondusif ini dan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, kami mengusulkan kepada Presiden RI, Jokowi untuk membantu pembangunan pasar ini. Dan alhamdulilah, pada akhir tahun 2019 dengan dana yang hampir Rp100 miliar pembangunan pasar ini dapat terselesaikan.

Lanjut ia juga sampaikan, Pasar Rakyat Pariaman ini telah dibangun dengan megah, tetapi masih ada kekurangan yaitu pasar basahnya. “Didepan kami ini masih ada tanah pemerintah daerah dan kami mengusulkan kepada Kementerian Perdagangan untuk membangun juga pasar basah, sehingga pasar yang bagus sekarang ini dilengkapi dengan pasar yang basah, sehingga kebersihan dan juga pelayanan terhadap publik bisa lebih meningkat,” sebutnya.

Selain itu, Genius Umar juga menyampaikan, Kota Pariaman pintu gerbang masuknya Islam di Sumbar. “Sejak tahun 2019, kami telah membangun masjid terapung. Namun karena kondisi Covid-19 ini, pembangunan masjid terapung terhenti. Karena itu, kami juga meminta kepada Wapres RI, mudah-mudahan melalui kementerian terkait bisa ditambahkan anggaran untuk membangun masjid ini,” ulasnya.

Disamping itu, Wako Pariaman menambahkan, dahulunya Kota Pariaman adalah kota pelabuhan, namun sampai saat ini kami belum memiliki pelabuhan. “Kami pemerintah kota telah membangun perencanaan pelabuhan, untuk itu dan kami juga meminta kepada Wapres RI agar bisa membangun pelabuhan di Kota Pariaman ini, sehingga rute Pariaman-Mentawai bisa langsung karena selama ini melalui Padang,” sambungnya.

Sementara itu Wapres Ma’ruf Amin langsung menanggapi permintaan Walikota Pariaman agar Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR agar merespon permintaan Wako Genius Umar.

“Saya meminta kepada kementerian terkait, imbauan serta permintaan dari Walikota Pariaman, Genius Umar agar diperhatikan dan direspon,” ungkapnya.

Usai berpidato, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin didampingi Menteri Perdagangan, Wakil Menteri PUPR, Anggota DPR RI, Andre Rosiade dan Athari Gauthi Ardi, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Walikota Pariaman, Genius Umar secara simbolis menandatangani batu prasasti dan memotong pita tanda Pasar Rakyat Pariaman telah diresmikan. Kemudian Wapres RI juga melakukan penanaman pohon Pinago di Pantai Pariaman. Dalam kesempatan itu Wapres RI juga menyaksikan proses vaksinasi lansia dan calon jamaah haji Kota Pariaman di Puskesmas Kurai Taji, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. (*)

Next Post

Program ‘Singgah Sahur’ Ganti Jadi ‘Semalam di Palanta’

Sel Apr 6 , 2021
PADANG, KP – Setiap bulan suci Ramadan, Pemko Padang selalu […]