21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

LIGA INGGRIS MANCHESTER CITY VS CHELSEA, Gladi Resik Final Liga Champions

MANCHESTER, KP – Liga Inggris musim 2020-2021 sudah memasuki babak-abak akhir. Pekan ini adalah pekan ke-35 atau hanya menyisakan tiga laga lagi setelah ini. Salah satu duel yang paling menyedot perhatian pada pekan ini adalah laga Manchester City vs Chelsea, Sabtu malam nanti (8/5), mulai pukul 23.30 WIB, di Etihad Stadium.

Menariknya, laga ini bagai ‘gladi resik’ final Liga Champions 2020-2021. Maklum, kedua tim menciptakan partai pamungkas All English usai sama-sama mengalahkan lawan sukar di semifinal. The Citizens menaklukan PSG dengan agregat skor 4-1 dan membuat Pep Guardiola kian nafsu meraih titel juara Eropa yang tertunda selama 10 tahun karier kepelatihannya. Sementara, untuk kompetisi domestik, Man City sepertinya tak terbendung untuk menjuara Liga Inggris musim ini.

Satu-satunya nilai minus di Manchester City ialah potensi absennya Eric Garcia. Meski demikian, nama-nama besar seperti Riyad Mahrez, Ruben Dias, Phil Foden, Fernandinho dan pemain yang dikabarkan akan hengkang akhir musim ini: Sergio Aguero masih dalam keadaan prima.

Di sisi lain, kubu tamu juga memiliki kans yang sama yakni ingin menang di laga ‘pemanasan’ ini. Meski baru ditukangi Thomas Tuchel pada paruh musim kedua, The Blues justru superior mengalahkan tim sekaliber Real Madrid dengan agregat skor 3-1. Rekor terbaik dari tim bermarkas di Stamford Bridge ini terlihat ketika melakoni 11 laga tak terkalahkan dengan tiga kali imbang dan delapan kali menang di semua kompetisi. Sayangnya, pada laga kali ini mereka tak diperkuat Mateo Kovacic yang malah cedera.

Skuad asuhan Pep Guardiola diperkirakan akan bermain menyerang di laga ini. Pasalnya kemenangan akan memastikan City menjuarai Liga Inggris musim ini. Tambahan 3 poin di London akan membawa City unggul 16 poin atas Manchester United meski rivalnya itu punya sisa 5 pertandingan. Akan tetapi, perjuangan itu mungkin tidak akan mudah. Chelsea sejak diasuh Thomas Tuchel dan telah menjalani 24 pertandingan di semua ajang, Chelsea hanya kebobolan 10 gol saja. City merasakan bagaimana tangguhnya pertahanan Chelsea di FA Cup lalu kala mereka kalah tipis 1-0.

Musim ini kedua tim telah 2 kali dipertemukan. The Citizens meraih kemenangan di perjumpaan pertama di Premier League dengan skor 1-3 di Stamford Bridge. Namun, beberapa waktu lalu Chelsea bisa membalasnya di ajang semifinal FA Cup.

Secara keseluruhan dari 5 pertemuan terakhir antara keduanya, tak pernah ada hasil imbang yang terjadi. City unggul tipis dengan 3 kemenangan berbanding 2 kemenangan bagi The Blues. Itu sudah termasuk kemenangan City atas Chelsea di Carabao Cup 2018-2019 lewat babak adu penalti.

PEMAIN KUNCI

SERGIO AGUERO (MANCHESTER CITY)

Masa baktinya akan berakhir musim ini, dan janji ingin berikan tahun-tahun terbaik buat Sergio Aguero layak dapat panggung di laga nanti. Meski hanya cetak empat gol dalam 17 laga musim ini tak mengubah fakta jika Kun Aguero masih mematikan.

N’GOLO KANTE (CHELSEA)

Kelebihan utama dari Chelsea tak lepas dari kreatifitas di lini tengahnya! N’Golo Kante siap sedia berada dalam semua wilayah berbeda dengan kelincahannya. Meski nihil gol musim ini, ia buktikan diri jadi pemain kunci di laga UCL lawan Real Madrid.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Manchester City (4-4-2): Ederson, Oleksandr Zinchenko, Ruben Dias, John Stones, Kyle Walker, Phil Foden, Ilkay Gundogan, Fernandinho, Riyad Mahrez, Sergio Aguero, Kevin De Bruyne

Chelsea (3-1-4-2): Edouard Mendy, Antonio Rudiger, Thiago Silva, Andreas Christensen, Jorginho, Ben Chilwell, Mason Mount, N’Golo Kante, Cesar Azpilicueta, Timo Werner, Kai Havertz. (ak/*)