134 Ribu Benih Lobster Selundupan Dilepas di Pantai Manjuto

PAINAN, KP – Sebanyak 134.990 ekor benih bening lobster atau benur hasil sitaan praktik penyelundupan dilepas-liarkan di Pantai Manjuto, Desa Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan. Pelepas-liaran benur itu dilakukan oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

Kepala Stasiun KIPM KKP Jambi, Piyan Gustaffiana dalam keterangan yang dikutip Senin (24/5) menyebut benur yang dilepas itu berjenis pasir. Ratusan ribu benur itu sebelumnya dibawa oleh empat penyelundup untuk diekspor secara ilegal. Namun penyelundupan itu berhasil digagalkan Satreskrim Polres Tanjung Jabung Barat, Jumat lalu (21/5).

Polisi sebelumnya memperoleh informasi tentang adanya praktik penyelundupan benih lobster. Polisi melakukan pengejaran dan penyisiran di sepanjang aliran Sungai Kuala Betara.Setelah melakukan pengintaian, polisi melihat adasatu unit pompong menuju ke arah muara. Pompong tersebut lalu dihentikan. Setelah dicek, ditemukan boks styrofoam putih sebanyak 36 boks di dalam pompong tersebut. Boks tersebut berisi benur yang rencananya akan dibawa ke muara dan diserahkan ke speedboat yang akan menjemput di tengah laut.Empat pelaku selanjutnya diamankan beserta barang buktinya. Adapun benih lobster yang dibawa pelaku langsung diserakan ke BKIPM.

“Kami lakukan penghitungan sebelum pelepasliaran,” ujar Piyan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Sakti sebelumnya telah menutup ekspor benur lobster. Penutupan keran ekspor dilakukan setelah adanya praktik korupsi yang menjerat mantan Menteri KKP, Edhy Prabowo. (mas)

Next Post

Kebocoran Data Penduduk Bukti Lemahnya Perlindungan Siber

Sen Mei 24 , 2021
PADANG, KP – Anggota DPR RI asal Sumbar, Guspardi Gaus […]