21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Burnley vs Liverpool Pantang Menyerah

BURNLEY, KP – Liga Inggris 2020/2021 pekan 37 akan mempertandingkan Burnley menjamu Liverpool, Kamis dinihari nanti (20/5) mulai pukul 02.15 WIB. Duel di Stadion Turf Moor ini dapat ditonton melalui live streaming Mola TV.

‘The Reds’sama sekali belum menyerah dalam perebutan tempat di 4 besar klasemen musim ini. Hal itu dibuktikan dengan kemenangan melawan West Bromwich pekan lalu. The Reds mampu membawa pulang 3 poin dari Stadion The Hawthorns usai melakoni laga dramatis yang berakhir dengan skor 2-1.

Laga tersebut berlangsung cukup menegangkan. Liverpool tiada henti melancarkan serangan ke kubu West Brom, tetapi hasilnya nihil. Hingga 90 menit waktu normal skor masih bertahan 1-1.Adalah sang kiper, Alisson Becker yang akhirnya keluar sebagai pahlawan usai berhasil membobol gawang The Clarets di menit 90+5.

Kini, The Reds harus melakoni dua laga tersisa dengan lebih baik. Perlu adanya perbaikan dalam tubuh skuad Liverpool jelang laga nanti. Pelatih Jurgen Klopp harus mengasah ketajaman serangan timnya. Sebab, di laga melawan West Brom, hanya dua gol yang mampu dihasilkan The Reds. Padahal, Mohamed Salah dan kolega mendominasi laga dengan 77 persen penguasaan bola dan 26 total tembakan.

Sementara di lini pertahanan, Liverpool wajib mewaspadai bola-bola panjang dari ‘The Clarets’ pada laga nanti. Pasalnya, kemampuan para pemain Burnley dalam duel udara cukup bagusdengan nilai kesuksesan mencapai 51 persen.Untuk itu, Fabinho bisa menjadi pilihan sebagai bek tengah menggantikan Rhys Williams guna menghadang ancaman udara besar-besaran dari Burnley.

The Reds sejatinya patut percaya diri jelang laga nanti. Dari 5 pertemuan terakhir, Liverpool tercatat jauh lebih unggul dari Burnley. Sebanyak 3 kemenangan dan 1 hasil imbang berhasil diraih Liverpool. Sementara itu, The Clarets hanya sanggup merengkuh 1 kemenangan.

Namun, andai kehilangan fokus di laga nanti, tuan rumah Burnley tidak akan segan menghukum The Redsseperti yang terjadi pada pertemuan pertama musim ini. Tepatnya pada Januari 2021 lalu, tim asuhan Sean Dyche mampu membungkam Liverpool di Anfield dengan skor 0-1.

Selain itu, Chris Wood dan kolega juga punya misi tersendiri jelang laga nanti. The Clarets ingin menyudahi rekor buruk mereka kala bermain di Turf Moor. Mereka belum pernah menang dalam 10 laga kandang terakhir. Ya, beberapa waktu terakhir, Burnley memperlihatkan sebuah anomali. The Clarets cenderung tampil buruk dan sering kalah di kandang sendiri, jutsru tampil apik ketika bertamu ke markas lawan. Hal ini jelas berlawanan ketimbang musim-musim sebelumnya. Burnley biasanya lebih banyak memperoleh poinnya di kandang sendiri.

Dua laga terakhir Burnley di Turf Moor selalu berakhir dengan kekalahan. Tim asuhan Sean Dyche ditekuk oleh West Ham United (1-2) dan Leeds United (0-4). Inilah yang membuat Burnley tak bisa naik dari posisi 15 klasemen sementara.

Jarak menit kebobolan The Clarets di dua partai itu cenderung berdekatan. Saat dikalahkan West Ham, Burnley kemasukan pada menit ke-21 dan 29. Adapun dua gol terakhir Leeds yang bersarang ke gawang mereka terjadi pada menit ke-77 dan 79.

Dengan kelemahan tersebut, Burnley berada dalam posisi yang buruk jelang menghadapi Liverpool. Terlebih, lawan yang ditemuinya nanti sudah kembali berada dalam performa terbaiknya.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Burnley (4-4-2): Bailey Peacock-Farrell, Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor, Jack Cork, Ashley Westwood, Josh Brownhill, Dwight McNeil, Matej Vydra, Chris Wood.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Nathaniel Phillips, Rhys Williams, Andrew Robertson; Thiago Alcantara, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Diogo Jota. (ak/*)