21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Kecam Israel, Gubernur Mahyeldi Minta Pemerintah RI Tunjukkan Sikap Tegas

PADANG, KP – Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi mengecam keras pelanggaran-pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap Palestina, terutama dalam konflik terbaru yang telah berlangsung sejak dua pekan terakhir.

Sebagai wujud kepedulian pada rakyat Palestina, Pemprov Sumbar meminta pada Pemerintah Republik Indonesia untuk ikut menunjukkan sikap tegas terhadap Israel karena dinilai telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran kemerdekaan suatu bangsa sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

“Saya sebagai Gubernur Sumbar meminta kepada pemerintah pusat memberikan tekanan pada Israel karena sudah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan juga pelanggaran kemerdekaan suatu bangsa. Apalagi kita bangsa Indonesia adalah bangsa yang mendukung kemerdekaan, terbukti Presiden RI juga ikut mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Mahyeldi, di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (17/5).

Tidak itu saja, Mahyeldi juga meminta Pemerintah RI melakukan langkah kongkrit dengan mengirimkan bantuan kepada Palestina atas dasar HAM dan menghargai kemerdekaan suatu bangsa. Ditambahkannya, Indonesia sudah seharusnya memberikan dukungan atas Palestina. Kedua negara memiliki hubungan yang sangat erat sejak dahulu, dimana Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.

Di sisi lain, Pemprov Sumbar juga akan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui pengumpulan donasi dan dana zakat.”Insya Allah nanti kita akan bantu saudara- saudara kita yang ada disana. Ada dana zakat yang bisa kita kirim, seperti dulu pada Maret 2020 kita juga mengirimkan bantuan mobil ambulan. Mungkin juga kita akan kirim rendang seperti di NTT. Mudah-mudahan juga akan banyak daerah-daerah lain yang peduli,” tutur Gubernur Mahyeldi.(mas)