Anggota DPRD Bukittinggi Ibnu Asis Ajak Semua Stakeholder Antisipasi “Tsunami Covid-19”

BUKITTINGGI, KP – Ketua Fraksi PKS DPRD Bukittinggi Ibnu Asis sangat mendukung prediksi pakar epidemiologi Dr. dr. Andani Eka Putra selaku staf ahli Kementerian Kesehatan bidang pencegahan Covid-19, tentang kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Pandemi Covid-19 pasca perayaan libur Idul Fitri tahun 2021 diwaspadai bersama.
“Karena kita sangat memahami bahwa perayaan dan liburan hari raya Idul Fitri sangat sarat erat kaitannya dengan tradisi atau adat budaya yang melibatkan orang banyak. Dan hal ini pulalah yang dikhawatirkan akan menjadi penyebab utama ledakan kasus Covid-19 atau “tsunami covid” seperti yang telah terjadi di Negara India sekitar dua bulan lalu,” ujar Ibnu Asis kepada KORAN PADANG, Jumat lalu.
Guna menyikapi hal tersebut, menurut Ibnu Asis ada beberapa hal strategis yang patut dan mesti menjadi perhatian bersama, khususnya warga Kota Bukittinggi. “Kita tentunya merasa sangat prihatin melihat situasi dan kondisi perkembangan Pandemi Covid-19 di daerah akhir-akhir ini. Yang menjadi penandanya, dengan adanya kecenderungan pertambahan orang terinfeksi Covid-19 setiap hari atau pekan. Dan bahkan, hingga saat ini daerah Bukittinggi masih terdaftar pada zona orange atau beresiko sedang,” paparnya.
Maka jelasnya, tidak ada kata dan alasan lain, semua stakeholder harus bersatu-padu dan berjibaku serta memiliki sikap dan kesatuan langkah yang tepat dan seirama untuk membantu menanggulangi berkembangnya wabah tersebut serta meminimalisir dampak dari Pandemic Covid-19. Setidaknya menurut politisi senior PKS itu diperlukan pengokohan dan penguatan kembali beberapa hal strategis. Seperti Satgas Penanggulangan Covid-19 perlu melakukan sosialisasi ulang dan masif hingga ke tingkat Kelurahan berkenaan dengan keberadaan Peraturan Daerah Provinsi Sumatra Barat nomor 6 tahun 2020 tentang “Adaptasi Kebiasaan Baru” (AKB) pada masa pandemi.
Pemerintah Daerah melalui perangkat daerah terkait kata dia, sangat perlu melalukan sosialisasi ulang hingga ke tingkat RT atau RW terhadap keberadaan Peraturan Walikota Bukittinggi sebagai tindak lanjut atau pelaksanaan dari Perda Provinsi Sumbar nomor 6 tahun 2020 tentang AKB. Pemerintah Daerah sangat perlu mereaktivasi keberadaan “Kampung Tangguh” berbasis Kelurahan sebagai upaya preventif dan kuratif terhadap perkembangan Pandemi Covid-19 di wilayahnya masing-masing.
Kemudian lanjutnya, Pemerintah Daerah juga perlu mengupayakan adanya penambahan anggaran pada pos Belanja Tidak Terduga sebagai pengejawantahan dari komitmen bersama, “Yang sakit (terpapar) diobati dan yang sehat tetap dijaga”. Perlu upaya serius untuk membagi pos anggaran Belanja Tidak Terduga tersebut menjadi 3 bagian utama, yaitu penanganan kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan perlindungan sosial. Perlu upaya bersama yang serius untuk melakukan pengawasan berkelanjutan terhadap penerapan protokol kesehatan pada setiap fasilitas umum maupun instansi pemerintah dan swasta.
Untuk itu Ibnu Asis sangat optimis, jika program strategis itu dapat dilaksanakan dengan segenap kesungguhan dan juga didukung seluruh stakeholder yang ada, maka usaha penanggulangan dan pengendalian pandemi Covid-19, khususnya di Kota Bukittinggi akan membuahkan hasil yang optimal. “Artinya, derajat kesehatan masyarakat akan semakin meningkat dan secara ekonomi mereka akan lebih berdaya,” ulasnya.
Selaku Wakil Rakyat yang duduk di DPRD Bukittinggi,Ibnu Asis mengharapkan kepada seluruh warga Kota Wisata tercinta itu, “Mari kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt sebagai satu-satunya Dzat Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang tempat bergantung dan bermohon semua makhluk ciptaan-Nya. Seterusnya, mari pula kita tingkatkan perhatian dan kepeduliaan kita terhadap nasib sesama umat Nabi Muhammad Saw. Semoga Allah Swt segera mengangkat wabah Covid ini dan kita kembali kepada kehidupan yang normal seperti sedia kala,” pungkas Ketua Fraksi PKS di DPRD Bukittinggi itu. (eds)

Next Post

Pemko Bukittinggi Hibahkan 96 Unit Wastafel Kepada PMI dan Dinas Terkait

Ming Mei 23 , 2021
BUKITTINGGI, KP – Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Bidang Aset menghibahkan […]