ASN Pemkab Solok Harus Berdomisili di Kabupaten Solok

SOLOK,KP – Bupati Solok, H.Epyardi Asdamengeluarkan instruksi tentang aturan baru bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Solok. Dalam isntruksi nomor 800/792/BKPSDM-2021 itu, seluruh ASN di lingkungan Pemkab Solok harus berdomisili di wilayah Kabupaten/Kota Solok untuk mempercepat pelaksanaan tugas-tugas kedinasan.

Para ASN yang selama ini berdomisili tidak di Kabupaten/Kota Solok diberi tenggang waktu satu bulan untuk melakukan persiapan. Bagi yang tidak mengindahkan instruksi iniakan diberisanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, ASN yang merasa keberatan dengan instruksi ini dapat menyampaikan alasankepada atasan sebagai bahan evaluasi.

Instruksi ini membuat sejumlah ASN mulai dari pejabat eselon hingga staf kelimpungan. Terutamabagi mereka yang memiliki istri atau suami yang bekerja di luar Kabupaten/Kota Solok.

“Berarti kami harus pindah domisili dan mencari rumah baru di Solok. Jika hanya saya saja yang pindah domisili, tentu saya akan berpisah dengan keluarga dan hidup seperti bujangan. Jika membawa istri dan anak, tentu mereka yang harus bolak-balik. Berarti kami harus mengeluarkan biaya ekstra,” ujar salah seorang ASN yang minta namanya tidak diekspos.

“Kami sudah menjalani ini (tinggal di luar Kabupaten Solok) selama bertahun-tahun. Jika masalah disiplin, menurut kami bukan masalah dimana kami tinggal. Tapi bagaimana kami hadir tepat waktu dan melaksanakan tugas sesuai aturan, ” tambahnya.

Menurutnya, jika instruksi itu dikaitkan dengan disiplin, hal itu tidak ada urgensi dan korelasinya dengan lokasi domisili. Apalagi jika dikaitkan dengan PP Nomor 53 tahun 2010, yang tidak ada mengatur tempat tinggal atau domisili ASN. “Yang ada adalah pegawai diwajibkan hadir dan melaksanakan tugas sesuai jam kerjanya,” pungkasnya. (wan)

Next Post

Aqua Solok Resmi Luncurkan Program CSR 2021

Sen Mei 24 , 2021
SOLOK, KP – PTTirta Investama (Aqua) Pabrik Solok resmi meluncurkan […]