BANGUN JALAN TEMBUS KE TOL SUMATERA, Pemkab Solsel Minta Dukungan Dua Perusahaan di SBJ

PADANG ARO, KP – Pemkab Solok Selatan (Solsel) meminta dua perusahaan yang ada di Kecamatan Sangir Balai Janggo, yaitu PTPN VI dan PTBPSJ, untuk mendukung rencana akses jalan tembus Solok Selatan – Dharmasraya melalui ruas jalan Sungai Kunyit – Log Batu Sandi menuju Sungai Rumbai.

“Kami meminta dua perusahaan yakni PTPN VI dan BPSJ untuk mendukung rencana pembangunan ruas jalan Sungai Kunyit – Sungai Rumbaidengan mengeluarkan (enclave) ruas jalan yang akan dilalui dari HGU perusahaan dan menyerahkannya kepada pihak pemkab,”kata Bupati Solsel, Khairunas di sela-sela kunjungan kerjanya di Sangir Balai Janggo, Rabu (19/5).

Khairunas mengatakan ruas jalan yang akan diusulkan pembangunannya tersebut memiliki arti yang strategis, apalagi dihubungkan dengan jalur tol Sumatera di Riauyang bisa dilewati nantinya melalui Dharmasraya.Jalan tersebut juga akan menjadi salah satu faktor penunjang pemingkatan perekonomian khususnya di Solok Selatanserta mengkoneksikan berbagai daerah. Bukan hanya Solok Selatan dengan Dharmasraya, tetapi juga dengan beberapa daerah di Provinsi Jambi seperti Kerinci dan Muaro Bungo.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Khairunnas, Wabup Yulian Efi, Asisten Perekonomian Putra Nusa, dan OPD terkait langsung meninjau ruas jalan Sungai Kunyit – Sungai Rumbai, sekaligus menemui pimpinan dua perusahaan tersebut dan menyerahkan surat permohonan enclave.

Kedatangan bupati dan rombongan disambut Manager PTPN VI, Zulkarnain Arianja beserta jajaranserta Manager Pabrik PTBPSJ Yusrizal dan unsur pimpinan. Kedua perusahaan tersebut menyambut baik rencana pembangunan ruas jalan tersebut dan siap mendukungnya.

Sementara, Kepala Bappeda Solsel, Yul Amri mengatakan rencana ruas jalan Sungai Kunyit (Solsel) ke batas kabupaten Solsel dengan Dharmasraya di Log Batu Sandi berjarak sekitar 28 kilometer (km) dan sebagian diantaranya melalui jalan dua perkebunan tersebut.

“Dari perkiraan 28 km antara Sungai Kunyit ke batas kabupaten di Log Batu Sandi, 12 km diantaranya merupakan jalan perkebunan di areal PTPN VI dan BPSJ. Ini yang dimohonkan pemkab untuk dapat diserahkan agar bisa ditingkatkan jalannya,” terang Yul Amri.

Pihaknya bersama bupati dan wabup sudah mengindentifikasi dan menganalisis ruas jalan yang akan diusulkan tersebut dan telah membuatkan peta awalnya.

Di tempat yang sama, Camat Sangir Balai Janggo, Muslim mengatakan pihaknya bersama segenap masyarakat Sangir Balai Janggo sangat mendukung dan berharap pembangunan jalan tersebut dapat direalisasikan. Dengan dibangunnya jalan tersebut, sebutnya, akan mempercepat akses transportasi dari Sungai Kunyit Solsel ke ruas jalan nasional di Dharmasraya yang hanya berjarak lebih kurang 45 km tersebut. (mas)

Next Post

279 Juta Data Penduduk RI Diduga Bocor dan Dijual di Forum Hacker

Kam Mei 20 , 2021
JAKARTA, KP – Sebanyak 279 juta data penduduk Indonesia diduga […]