BUKA PRODI S3 ILMU KEOLAHRAGAAN, UNP Siap Berikan Kontribusi bagi Prestasi Olahraga Sumbar

PADANG, KP- Tahun iniUniversitas Negeri Padang (UNP) membuka program studi (prodi)S3 Ilmu keolahragaan. Dengan adanya prodi inidiharapkan bisa memberikan kontribusi positif terhadap prestasi olahraga Provinsi Sumbar.

Hal tersebutdiungkapkan Rektor UNP, Prof Ganefri kepada wartawan, Senin (10/5). menurutnya, UNP menjadi satu-satunya perguruan tinggi/kampus di Sumatera yang membuka prodi S3 Ilmu Keolahragaan.

“Prodi tersebut mulai dibuka untuk tahun ajaran baru pada Juli 2021. Namun kuota penerimaannya masih dibatasi. Paling banyak hanya sekitar 12 hingga 15 orang saja,” ucap rektor.

Ia menambahkan, pada pekan lalu UNP juga telah mengukuhkan dua orang guru besar dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) termasuk Dekan FIK.Rektor mengaku bersyukur dengan dikukuhkannya dua orang guru besar pada bidang Ilmu Keolahragaan itu sehingga bisa menunjang kelancaran prodi baru tersebut.

Disisi lain UNPtelah membuka penerimaanprodi Diploma (D3) dengan 16 jurusan tersebar di tujuh fakultas dan perkuliahannya masuk dalam kategori reguler yang uang kuliahnyadisesuaikandengan kemampuan orangtua mahasiswa, mulai dari Rp500 ribu sampai Rp4 juta per semester. Program D3 juga menyediakan beasiswa dari KIP Kuliah atau Bidik Misi.

” Semua berhak untuk menerima beasiswa termasuk mahasiswa jalur mandiri,” kata Ganefri.

Kusus untuk jalur mandiri, lanjutnya, mekanisme seleksi melalui portofolio. Namun juga diberikan untuk calon mahasiswa yang tidak lulus UTBKdan akan disarankan masuk melalui jalur ini.

“Tahun ini dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru UNP akan menampung lebih 10.000 orang mahasiswa. Untuk S1 dan D4 sebanyak 8.300 orang mahasiswa, D3 sebanyak 1000 orang, dan Pascasarjana 1.000 orang,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pada SNMPTN yang telah dilaksanakan sebanyak 2.300 pelamar yang mendaftar di UNP berasal dari 21 provinsi. Pada jalur ini, sebanyak 70 persen yang akan diterima merupakan calon mahasiswa dari Sumbar dan 30 persen lainnya dari luar Sumbar.

“Pada SBMPTN, UNP akan menerima 40 persen dari kuota mahasiswa baru UNP. Total yang mendaftar 18.095 orang. Jumlahnya meningkat dari tahun lalu 17.740 orang,” pungkas Prof. Ganefri. (fai)

Next Post

Pemko Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Lapangan dan Masjid

Sen Mei 10 , 2021
PADANG, KP – Pemko Padang memutuskan meniadakan salat Idul Fitri […]