Bupati Eka : UMKM Harus Didorong untuk Jadi Pemicu Pertumbuhan Ekonomi

BATUSANGKAR, KP – Di tengah kondisi perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus kembali didorong untuk bangkit sehingga menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi.Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra saat meninjau Stand Dekranasda Tanahdatar yang ikuti bazar di halaman kantor Gubernur Sumbar, Kamis (6/5) di Padang. Pada kesempatan itu Bupati Eka didampingi Plh. Sekda Edi Susanto, Kadis Koperindag Darfizal dan Kabag Humas dan Protokol Yusrizal.


“Mendorong UMKM maju dan berkembang sangat penting untuk membantu ekonomi masyarakat. Jumlahnya yang banyak, sangat signifikan mempengaruhi tinggi rendahnya laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah. UMKM melibatkan banyak pelaku ekonomi dan berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan. Makanya pemerintah daerah berharap UMKM bisa kreatif memanfaatkan peluang pasar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, tidak terpaku dengan pola konvensional,” ujarnya.


Karena itu ia menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan Dekranasda mengikuti bazar yang merupakan salah satu cara untuk perkenalkan produk unggulan hasil UMKM Tanahdatar kepada masyarakat luas. “Kita apresiasi keikutsertaan dalam bazar ini, semoga mampu memberikan dampak nyata terhadap promosi hasil UMKM kita,” tuturnya.


Kemudian Bupati Eka kembali menegaskan perang terhadap rentenir. “Kita tentunya menyadari, betapa rentenir di tengah masyarakat sangat meresahkan, betapa tidak, bukannya menolong, rentenir meminjamkan uang dengan bunga tinggi, karena itu saya berkomitmen memberantas praktek rentenir di Kabupaten Tanahdatar,” tegasnya.


Di kesempatan terpisah, Kadis Koperidag Darfizal mengungkapkan, bazar yang diikuti semenjak Senin itu, tingkat kunjungan ke stand Dekranasda Tanahdatar cukup tinggi. “Alhamdulillah, pengunjung cukup banyak mengunjungi stand kita. Dan tentunya dengan banyaknya kunjungan itu, masyarakat tahu dan kenal produk-produk UMKM unggulan Tanahdatar seperti makanan, kerajinan dan souvenir,” tukasnya. (nas)

Next Post

Wawako Erwin Presentasikan Randang Payakumbuh di Turki

Kam Mei 6 , 2021
PAYAKUMBUH, KP – Randang Payakumbuh bakal menembus pasar Eropa dalam waktu […]