Desa Pauh Kutaitaji Sediakan Perpustakaan untuk Siswa Belajar Daring

PARIAMAN, KP – Pemerintahan Desa Pauh Kuraitaji, Kota Pariaman menyediakan Perpustakaan Desa sebagai tempat belajar daring untuk membantu siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) pasca-Idul Fitri. PBM di Pariaman menerapkan sistem daring pada 21-31 Mei dan PBM tatap muka mulai 2 Juni mendatang.

“Dengan telah dimulainya PBM, maka kami di Desa Pauh Kuraitaji menyediakan Pustaka Desa sebagai tempat bagi pelajar untuk belajar daring tersebut,” ujar Kaur Perencanaan Desa Pauh Kuraitaji, Saputra Irwan, Jumat (21/5).

Ia menjelaskan, Pusataka Desa itu dikhususkan untuk anak-anak yang kurang mampu. Pihaknya menyediakan wifi gratis, meja belajar, lantai karpet, koleksi buku, serta print out bagi siswa yang mempunyai tugas untuk tugas yang harus diprint.

“Kita menyediakan tempat yang representatif untuk para siswa belajar, mulai dari tingkat SD sampai SMA. Tetapi yang banyak belajar disini adalah pelajar SD dan SMP,” jelasnya.

Pustaka Desa Pauh Kuraitaji untuk belajar daring initelah dimulai sejak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), ketika pertama kali Kota Pariaman dilanda pandemi covid-19 tahun 2020 lalu. Ketika awal tahun 2021 Kota Pariaman memulai pembelajaran tatap muka, maka tidak ada lagi yang belajar daring.

“Dengan dibuka kembali sistem pembelajaran daring, maka kita juga membuka kembali pustaka desa ini untuk belajar para siswa yang ada di sekitaran desa,” tukas Saputra yang yang merupakan penggagas penyediaan pustaka desa untuk belajar daring itu.

Menurutnya, belajar secara daring memiliki tantangannya sendiri, dimana siswa membutuhkan suasana di yang mendukung untuk belajardan juga koneksi internet yang memadai. “Kita menyediakan itu semua. Namun, tentu proses pembelajaran tatap muka yang efektif juga tak kalah penting,”ujarnya. (mas)

Next Post

SUKSESKAN PROGRAM ‘SAGA SAJA’, Pemko Pariaman Jalin Kerjasama dengan Poltrada Bali

Jum Mei 21 , 2021
PARIAMAN, KP – Pemko Pariaman menjalin kerjasama dengan Politeknik Transportasi […]